Bisnis.com, BALIKPAPAN – Jumlah penumpang udara domestik di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Juli 2024 mengalami penurunan sebesar 2,88% dibandingkan bulan sebelumnya. 

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur, penurunan tersebut terutama disebabkan oleh penurunan jumlah penumpang di Bandara APT Pranoto-Samarinda sebesar 2,86% dan Bandara Sepinggan-Balikpapan sebesar 2,76%. jalur utama di wilayah tersebut. 

Yusniar Juliana, Kepala BPS Kalimantan Timur, mengatakan Bandara Melalan di Kutai Barat sebenarnya mencatat peningkatan jumlah penumpang sebesar 10,68%.

Sementara itu, jumlah penumpang internasional yang melewati Bandara Sepinggan-Balikpapan juga mengalami penurunan signifikan sebesar 29,20% dibandingkan Juni 2024,” demikian keterangan resmi, Senin (9/2/2024). 

Pada Januari-Juli 2024, jumlah penumpang internasional meningkat 31,35% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Tidak hanya angkutan udara, sektor angkutan laut di benua Etam juga menunjukkan tren yang kontras. 

Selain itu, ia mengatakan jumlah penumpang angkutan laut meningkat sebesar 13,67%, terutama disebabkan oleh peningkatan penumpang di pelabuhan Semayang-Balikpapan sebesar 64,40%.

Sekadar informasi, terjadi peningkatan signifikan sebesar 36,99% pada jumlah angkutan laut pada Januari-Juli 2024 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel