Bisnis.com, JAKARTA — BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) melaporkan laba bersih sebesar Rp 27,5 triliun pada FY2023. 

Margin laba meningkat 22,4% dibandingkan FY2022 dan lebih tinggi 36,3% dibandingkan RKAP 2023. 

Realisasi EBITDA MIND ID mencapai Rp 40,3 triliun, naik 9,7% dibandingkan FY2022 dan naik 58,7% dibandingkan RKAP FY2023.

Total aset MIND ID juga tumbuh sebesar 13% year-on-year (y-o-y) menjadi Rp 259,2 triliun, disusul pertumbuhan ekuitas hingga 18% year-on-year menjadi Rp 129,6 triliun.

Akuisisi ini diputuskan oleh MIND ID dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023, Senin (10/6/2024), Jakarta. 

“Prestasi ini merupakan prestasi bagi kami dan tentunya akan terus kami pertahankan. MIND ID diberi wewenang oleh pemerintah untuk dapat mengelola produk mineral Indonesia,” kata General Manager MIND ID Handy Prio Santoso dalam siaran persnya. dilansir pada Selasa (11/6/2024). 

Sedangkan pada Januari hingga Desember 2023, MIND ID memproduksi sedikitnya 41,90 juta ton batu bara, timah batangan 15.300 ton, alumunium 214.900 ton, nikel 13,44 juta ton, dan rempah-rempah sebanyak 21.500 juta ton. ,2 ton emas.

Handy mengatakan kondisi geopolitik mampu dimitigasi oleh MIND ID dan seluruh anggota Holding dengan baik. Upaya mitigasi dan prediksi fluktuasi harga dan nilai tukar menjadi perhatian utama perusahaan.

“Selain itu, perusahaan mulai menjajaki perluasan pasar baru serta mempertahankan peningkatan penetrasi di pasar produk yang sudah ada. Hal ini juga menjadi hal positif bagi kami dalam mengoptimalkan penjualan dan produksi mineral Indonesia,” ujarnya. Jajaran terbaru dari MIND ID Management

Selain itu, RUPS Tahunan MIND ID menyetujui pemberhentian dengan hormat Jisman Parada Hutajulu sebagai Komisaris. RUPS Tahunan menyetujui pengangkatan Grace Natalie Louise sebagai Komisaris.

Selain itu, RUPS tahunan menyetujui pengangkatan Fouad Bawazier sebagai Komisaris Utama dan Pamitra Vineka sebagai Komisaris Independen. Dewan Komisaris MIND ID

Komisaris Jenderal: Fouad Bawazier

Komisaris Independen : Muhammad Munir

Komisaris Independen : Pamitra Vineka

Komisaris : Astera Primanto Bhakti

Komisaris: Grace Natalie

Komisaris: Nikolaus Tegu Budi Harjanto Direktur MIND ID

Direktur Utama : Handy Prio Santoso

Wakil Direktur Pusat : Dani Amrul Ichdan

Manajer Portofolio dan Pengembangan Bisnis: Dilo Seno Vidagdo

Direktur Keuangan : Akhmad Fazri

Direktur Manajemen Risiko dan HSSE: Noor Hidayat Uddin

“Dengan keputusan pemegang saham ini, kami berharap MIND ID dapat menjadi holding strategis terbaik di hilir sektor pertambangan Indonesia,” ujarnya. 

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel