Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melepas atlet Olimpiade Paris 2024.

Tim Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 berjumlah 29 atlet.

Rencananya tim Indonesia akan diumumkan secara resmi oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada Rabu (10/7/2024).

“Iya, sedang disiapkan rencana [Presiden melepas atlet Olimpiade Paris],” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo usai menghadiri rapat dana pariwisata di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (8/7/2024).

Dito mengatakan, atlet Indonesia yang mengikuti Olimpiade Paris 2024 sebanyak 29 orang, yang merupakan jumlah tertinggi dalam 20 tahun terakhir.

Rekor perolehan poin terbanyak masih dipegang oleh Olimpiade Athena 2004, saat Tim Indonesia mengirimkan 38 atlet ke multievent tersebut.

Dito juga menuturkan, banyak pertandingan yang pertama kali akan dilakoni atlet Indonesia di Olimpiade 2024 yang digelar di Paris.

Pasalnya, pada Olimpiade edisi sebelumnya, Indonesia belum pernah mengikuti pertandingan tersebut.

“Cabornya banyak sekali, baru kali ini kita ada atlet yang berakal sehat di olimpiade. Oleh karena itu, kami mohon dukungan masyarakat jika insya Allah hasilnya dapat mencetak sejarah,” ujarnya.

Dito menambahkan, saat ini persiapan para atlet untuk berangkat ke Olimpiade Paris sudah hampir rampung dan hanya tersisa persiapan kepengurusan dan latihan di lapangan.

“Persiapannya 80 persen, itu sedikit, lalu jalan. Ya, 20 persen sisanya akan berkaitan dengan pengelolaan dan adaptasi di kawasan ini,” ujarnya.

Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang menawarkan banyak perwakilan. Indonesia mengirimkan 9 atlet tunggal dan ganda ke Olimpiade Paris 2024. Daftar 29 atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 adalah sebagai berikut:

1. Arif Dwi Pangestu (Pemanah)2. Perkenalan Dibuat oleh Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)3. Diananda Choirunisa (Pemanah)4. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)5. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)6. Fathur Gustafian (Menembak)7. Rio Waida (Selancar Ombak)8. Eko Yuli Iranwan (Angkat Berat)9. Rizki Juniansyah (Angkat Berat)10. Catatan (Sekop)11. Bernard Benyamin van Aert (Bersepeda)12. Jonatan Christie (Bulu Tangkis) 13. Anthony Sinisuka Ginting (Bulu Tangkis)14. Gregoria Mariska Tunjung (Bulu Tangkis) 15. Fajar Alfian (Bulu Tangkis) 16. Muhammad Rian Ardianto (Bulu Tangkis) 17. Apriyani Rahayu (Bulu Tangkis)18. Siti Fadia Silva Ramadhanti (Bulu Tangkis) 19. Kompetisi Rinov (Bulu Tangkis)20. Pitha Haningtyas Mentari (Bulu Tangkis)21. Nurul Akmal (Angkat Berat)22. Raji’ah Salsabilah (Panjat Tebing)23. Veddriq Leonardo (Panjat Tebing)24. Maryam Mashi Maharani (Judo) 25. Lalu Muhammad Zohri (Atletik) 26. Rezza Octavia (Panahan) 27. Syifa Nur Afifah Kamal (Pemanah)28. Joe Aditya W. Kurniawan (Renang)29. Azzahra Permatahani (Renang).

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel