Bisnis.com, Jakarta – PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) berencana meningkatkan produksi sebesar 50.000 barel setara minyak per hari (boepd) melalui beberapa pengembangan dan inovasi di blok Jabung.  

PCJL bekerja sama dengan beberapa mitra kerja Jabung seperti PT Pertamina Hulu Energi Jabung, Petronas Carigali (Jabung) Ltd., PT GPI Jabung Indonesia dan PT Raharja Energi Tanjung Jabung untuk melakukan pengeboran dan survei sembilan sumur pengembangan. Di NEB BASE-3. 

PCJL telah memulai pengeboran 5 sumur pengembangan hingga Juni 2024. Sementara itu, program eksplorasi NEB BASE-3 serta survei seismik 3D dan 2D sedang dilakukan di lapangan Jabung bagian timur. 

“Saat ini survei seismik sedang bersiap memasuki tahap pencatatan. Presiden Direktur PCJL Qian Mingyang mengatakan dalam siaran pers, Senin (8/7/2024): “Rangkaian uji sumur eksplorasi NEB BASE-3 masih berlangsung.” 

Qian berharap beberapa program pengembangan dan eksplorasi dapat meningkatkan capaian produksi blok Jabung ke depan. 

Survei seismik 3D dan 2D akan dimulai pada Desember 2023 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Survei 3D dilakukan di Prospek Katemu dan Rukum, sedangkan survei 2D dilakukan di beberapa wilayah di Jabung bagian Timur.

Program pengembangan lainnya pada tahun 2024 antara lain pemeliharaan yang lebih baik, pembangunan fasilitas produksi tambahan dan pemeliharaan rutin beberapa kompresor.

Pada masa perpanjangan kontrak Lapangan Jabung pada tahun 2023 hingga 2043, PCJL berkomitmen melaksanakan Komitmen Kerja Pasti (KKP) termasuk investasi pra-studi kelayakan Enhanced Oil Recovery (EOR). 

“Kami juga membuka peluang untuk bergabung dengan ladang migas lain di Indonesia,” tambah Qian.

Kepala Bagian Acara dan Komunikasi SKK Migas Hudi. D. Suryodipuro meminta KKKS tetap memenuhi komitmen eksplorasi dan produksi pada tahun 2024 sesuai usulan WPNB. 

Menurut Hudi, wilayah kerja PetroChina di Jambi masih memiliki potensi cadangan yang besar dan berjanji akan terus mengembangkannya untuk meningkatkan produksi migas.

“SKK Migas mendukung kelancaran kegiatan sumur eksplorasi dan mencapai target yang diharapkan,” kata Hudi.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel