Bisnis.com, JAKARTA – LRT Jakarta akan segera memasuki Volume 2, sesuai rencana pemerintah menawarkan megaproyek perluasan jalan senilai Rp 24 triliun kepada calon investor.

Berdasarkan laman resmi Jakarta Investment Center (JIC), Pemprov DKI Jakarta telah mengajukan beberapa proyek pembangunan LRT kepada investor.

Pemprov DKI Jakarta memberikan gambaran proyek Perpanjangan Jalur LRT Jakarta tiga fase.

Pertama, LRT Jakarta Fase 1D Dukuh Atas-Pesing akan memiliki panjang lintasan 11,8 kilometer dengan 13 stasiun. Biaya investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan dan pembangunan fase ini mencapai sekitar Rp13,4 triliun.

Saat ini LRT Jakarta Fase 1D telah memiliki izin jalan yang dikeluarkan oleh Pemerintah DKI Jakarta dan studi kelayakan serta desain awal engineering telah selesai. Pembangunan LRT Jakarta Fase 1D diharapkan dapat dimulai pada tahun 2026.

Pemprov DKI Jakarta mengusulkan investasi pada tahap ini dalam bentuk pembiayaan atau kerja sama antara pemerintah dan lembaga dunia usaha atau kemitraan publik-swasta (KPS). Proyek LRT Jakarta Fase 1D diharapkan memiliki tingkat pengembalian investasi (IRR) sebesar 11,41%.

Kedua, LRT Jakarta Fase 2A JIS-Kelapa Gading akan memiliki panjang lintasan 8,2 kilometer dan 6 stasiun yang menghubungkan kawasan Kelapa Gading hingga Jakarta International Stadium (JIS). Biaya investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan dan pembangunan tahap ini berjumlah sekitar Rp7 triliun.

Proyek LRT Jakarta Fase 2A diharapkan memiliki tingkat pengembalian investasi (IRR) sebesar 11,23%. Pembangunan LRT Jakarta Fase 2A diperkirakan akan dimulai pada tahun 2029.

Yang ketiga, LRT Vélodrome-Klender Jakarta Fase 2B merupakan perpanjangan dari jalur eksisting yang akan menghubungkan Vélodrome ke Klender. Proyek ini diperkirakan memiliki jalur sepanjang 4,5 km dan 4 stasiun dan menelan biaya sekitar Rp 3,65 triliun.

Pembangunan LRT Jakarta Fase 2A diharapkan dapat dimulai pada tahun 2029 dengan potensi tingkat pengembalian investasi (IRR) sebesar 11,23%.

Dalam perkembangannya, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro mulai menawarkan LRT Jakarta tahap lanjutan kepada calon investor. Sektor dengan jalan dan moda transportasi lainnya yang terintegrasi menjadi prioritas perusahaan untuk dijual kepada pemegang saham.

Direktur Utama Jakpro Iwan Takwin mulai mengusulkan beberapa tahap lanjutan LRT Jakarta. Beberapa tahapan yang dijual kepada investor adalah Tahap 1D jalan Dukuh Atas-Pesing, Tahap 2A Kelapa Gading-JIS, dan Tahap 2B Velodrome-Klender.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel