Bisnis.com, JAKARTA – Sengketa saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berisiko masuk ke Dewan Pengawas Khusus (PPK) dengan proyek Full Call (FCA), dan Bursa Efek Indonesia mulai masuk ke hati investor.

Karena GOTO berada di level terendah yakni Rp 50, investor khawatir dengan nasib saham-saham teknikal jika benar-benar masuk PPK dengan sistem FCA di belakang

Belum lagi Saham dalam skema FCA PPK bisa diturunkan hingga Rp 1 per unit.

Oleh karena itu, terjadi perubahan aturan PPK skema FCA yang pada prinsipnya ditetapkan BEI, terdapat 11 prosedur yang memperbolehkan pasar masuk dan keluar PPK FCA sekaligus masuknya posisi. Sebelumnya pasar mampu menekan PPK FCA karena rata-rata harga 6 bulan terakhir kurang dari Rp 51 yang dipersingkat menjadi 3 bulan lalu.

Namun ada syarat tambahan masuk di Bagian 1, yaitu saham tersebut tidak dapat digunakan dengan total nilai transaksi harian kurang dari Rp 5 juta dan total volume perdagangan harian saham tersebut kurang dari 10.000 lembar saham. GOTO adalah salah satu pasar relevan Saham yang paling populer dan diperdagangkan oleh investor.

Tingkat No.

Saat ini, dalam standar angka 6, bursa mengambil keputusan khusus terhadap penawaran masuk, yaitu jumlah saham free float kurang dari 50 juta untuk papan pertama dan papan pengembangan serta lebih dari 5% dari jumlah tersebut. saham yang didaftarkan untuk kendaraan pertama, pengembangan kendaraan dan akselerasi kendaraan.

Sementara itu Bursa juga menambahkan sejumlah 6 pengecualian, yaitu emiten yang masuk dalam daftar efek penyedia likuiditas pasar dan memiliki penyedia likuiditas pasar dapat memilih keluar dari FCA PPK Grid dan tujuan GOTO di FCA.

Jika mengacu pada aturan di atas Khusus untuk harga saham Rp 50, Anda dapat menekan GOTO jika tidak ada petunjuk lain yang perlu diperhatikan. Khususnya pada kategori likuiditas untuk transaksi saham kurang dari Rp 5 juta atau volume transaksi 10.000 saham.

Berdasarkan data RTI, dalam 20 hari terakhir perdagangan bursa, saham GOTO mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 5,3 triliun dengan volume perdagangan saham sebesar 86,9 miliar pada periode yang sama. Pada perdagangan kemarin, Rabu (19/6/2024), nilai transaksi saham GOTO mencapai Rp 470 miliar dengan ukuran saham 9,36 miliar.

Usai aturan baru PPK skema FCA ditegaskan, BEI menegaskan saham-saham yang likuiditasnya tidak mencukupi tidak akan masuk papan, Irvan Susandy, Direktur Bisnis dan Regulasi anggota Bursa BEI.

Dia mengatakan, dengan aturan baru FCA, saham di level Rp 50 yang disebut gocap selama tiga bulan punya kemampuan menjual saham.

“Mengingat adanya perubahan regulasi [Komite Audit Khusus] Jika pasar memiliki likuiditas maka saham tersebut tidak akan dimasukkan dalam full telemarketing [FCA],” tegas Bisnis, Kamis (20/6/2024) potensi pemulihan di GOTO bab dari Gocapan.

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) ambles hingga Rp50 pada perdagangan Rabu (19/6/2024), terendah sepanjang masa. Lalu apa saja manfaat recovery produk GOTO?

Paulus Jimmy, Kepala Riset Sucor Sekuritas, menjelaskan tekanan penjualan saham GOTO tinggi. Hal ini seiring dengan koreksi Indeks Saham Murah (IHSG) beberapa pekan lalu.

Jimmy menjelaskan, tekanan penjualan saham GOTO berasal dari banyak faktor, seperti perlambatan dan kurangnya likuiditas di pasar modal Indonesia. dan mengalihkan portofolio investasi Anda ke saham, seperti bank dengan kapitalisasi pasar tinggi

“Kami terus mengadakan GOTO, namun investor diharapkan mempertimbangkan risiko dan manfaat dari pasar saat ini. Apalagi pasar yang sangat fluktuatif seperti GOTO,” kata Jimmy Sementara itu, Sucor Sekuritas memberikan rekomendasi Hold dengan target harga Rp 71 di GOTO.

Vicky Rosalinda, Analis Riset Pasar Kiwoom Sekuritas, menjelaskan penurunan saham GOTO salah satunya disebabkan hengkangnya pendiri GOTO. Menurut Vicky, hal tersebut direspon negatif oleh investor.

Meski demikian, Vicky menilai masih ada peluang saham GOTO bisa pulih kembali. Dengan beralihnya mayoritas pemegang saham dan hak suara kepada Patrick Walujo, Vicky menilai masuknya Patrick Walujo sebagai pemegang saham Seri B akan berdampak positif terhadap pengambilan keputusan dan arah kebijakan GOTO ke depan.

“Tetapi untuk saat ini jawabannya negatif. Dan itu bersifat sementara,” kata Vicky.

Sementara itu, Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menjelaskan aktivitas pembelian kembali bisa menjadi pertanda positif di tengah harga yang masih tertekan di tengah tren positif. Penebusan dapat bertindak sebagai katalis untuk pergerakan harga saham GOTO di masa depan.

Ia menambahkan, pengembalian anggaran sekitar 4% dari pasar saham saat ini. GOTO Herditya menilai proses buyback memberikan efek positif untuk menciptakan nilai bagi pemegang saham. Dengan penebusan, jumlah saham free float otomatis berkurang. Strategi ini bagus untuk perusahaan seperti GOTO, yang memiliki rasio mengambang bebas yang besar.

“Saham free float GOTO berada pada level yang tinggi. Dalam perhitungan indeks MSCI, nilai floatnya adalah sebesar 75%. Dan pada saat yang sama, pasokan yang beredar akan berkurang, namun dengan berkurangnya free float, maka buyback tersebut tidak akan mengurangi likuiditas transaksi secara signifikan,” ujarnya.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.