Bisnis.com, JAKARTA – PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro menyatakan rencana LRT Jakarta tahap lanjutan sangat menarik minat investor. Perusahaan juga menyatakan telah menerima minat dari calon investor asing.

Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin, memaparkan kepada investor beberapa fase lanjutan LRT Jakarta, seperti jalur Dukuh Atas-Pesing, Fase 2A Kelapa Gading-JIS, dan Fase 1D dengan 2B Velodrome-Klender.

Ivan mengatakan, ketertarikan terhadap proyek tersebut sejauh ini positif. Ia menambahkan, banyak investor asing yang berminat pada pengerjaan LRT Jakarta tahap selanjutnya.

Namun Evan enggan merinci negara asal calon investor tersebut. Jackpro masih terus menjalin kontak untuk mengejar minat calon investor asing, ujarnya.

“Kami terus berkomunikasi dengan pihak global dan investor internasional. Namun prosesnya panjang dan sulit,” kata Ivan di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Ivan melanjutkan, pihaknya akan terus menerima pendanaan proyek LRT dari investor dalam dan luar negeri. Skema alternatif pendanaan akan terus diupayakan agar proyek LRT Jakarta ke depan tidak membebani APBD.

Evan melanjutkan, pertimbangan perseroan menyediakan jaringan tersebut adalah untuk meningkatkan integrasi antarmoda. Dia menjelaskan, proyek LRT Fase 1D, 2A, dan 2B sudah memiliki fasilitas atau moda transportasi lain yang siap terintegrasi dengan LRT Jakarta.

“Fokus utama masterplan transportasi itu adalah integrasi, jadi tahapan-tahapan itu diprioritaskan dulu. Tujuannya agar bisa terintegrasi dengan moda lain,” jelas Evan.

Melalui sarana pada tahap ini, jelasnya, mobilitas sosial akan semakin besar seiring dengan semakin lancarnya proses integrasi. Jalur LRT Jakarta selanjutnya akan menghubungkan masyarakat dengan moda transportasi lain mulai dari MRT, LRT Jabodebek, TransJakarta hingga kereta ekspres WHOOSH, kata Ivan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel