Bisnis.com, JAKARTA – Harga emas anjlok ke level terendah dalam lebih dari sepekan pada Kamis (23/05/2024), memperpanjang penurunannya untuk sesi ketiga berturut-turut, karena investor mengalahkan ekspektasi penurunan suku bunga AS dan penguatan AS. aktivitas bisnis.

Harga emas di pasar spot turun 1,8% menjadi $2,336.39 per ounce, terendah sejak 13 Mei, menurut Reuters. Sementara itu, emas berjangka AS turun 2,3% menjadi $2,337.20 per ounce.

Bijih emas tandus mencapai rekor tertinggi $2,449.89 pada hari Senin (Mei 2020), naik 14% pada tahun ini.

Emas menjadi kurang menarik dan dolar mengurangi kerugiannya hari ini karena aktivitas bisnis AS mencapai titik tertinggi dalam dua tahun pada bulan Mei, menunjukkan pertumbuhan ekonomi meningkat pada pertengahan kuartal kedua.

Daniel Ghali, ahli strategi komoditas di TD Securities, mengatakan penguatan dolar AS dan memudarnya prospek penurunan suku bunga AS telah mendorong harga emas lebih tinggi, namun penurunannya akan terbatas.

Meskipun respons kebijakan saat ini mencakup “menjaga” suku bunga pada tingkat saat ini, risalah rapat The Fed baru-baru ini mencerminkan diskusi mengenai kemungkinan kenaikan suku bunga.

“Investor yang khawatir dengan prospek The Fed sebenarnya tidak berinvestasi pada emas dalam jangka panjang. Mereka melewatkan reli dan, pada gilirannya, tidak punya banyak emas untuk dijual. Jadi, meskipun kami berpikir harga emas akan terkoreksi, di sini akan sangat lambat.”, Kata Ghali.

UBS menaikkan perkiraan harga emas menjadi $2.600 per ounce pada tahun 2024 karena lemahnya data AS bulan April, peningkatan permintaan emas dan berlanjutnya ketidakpastian geopolitik. .

Sementara itu, impor ke India, konsumen emas terbesar kedua di dunia, diperkirakan akan turun pada tahun 2024. bisa turun sekitar seperlimanya karena harga yang tinggi mendorong konsumen eceran untuk menukar perhiasan lama dengan yang baru, kata sebuah badan industri.

Sementara itu, perak spot turun 1,8% menjadi $30,22. Kenaikan emas dan tembaga baru-baru ini telah mendorongnya ke $32,50, tertinggi dalam 11 tahun pada awal pekan ini.

Platinum turun 1,4% menjadi $1.020,35, sementara paladium turun 3,5% menjadi $964,75.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA