Bisnis.com, JAKARTA – Pangsa pasar ponsel fleksibel Huawei menyalip Samsung pada kuartal I 2024. Penjualan atau pengiriman telepon fleksibel Huawei tumbuh pesat sebesar 257% secara tahunan (year-on-year/yoy) untuk pertama kalinya. Kuartal 2024.

Menurut data dari Foldable Smartphone Shipment Tracker dari Counterpoint Research, pasar smartphone global atau ponsel lipat tumbuh 49% yoy pada kuartal pertama tahun 2024, tingkat pertumbuhan tertinggi pada kuartal terakhir.

Peningkatan penjualan telepon fleksibel terutama didorong oleh peningkatan signifikan ekspor banyak merek ponsel Tiongkok, terutama Huawei, yang mencapai 257% yoy.

Sementara itu, kinerja kuat Huawei pada kuartal pertama tahun 2024 didorong oleh peralihan teknologi 5G pada perangkatnya. Setahun yang lalu, portofolio perangkat lipat Huawei terbatas pada perangkat LTE.

Namun, pada kuartal pertama tahun 2024, pangsa perangkat fleksibel berkemampuan 5G menyumbang 84% dari total pengiriman ponsel pintar lipat Huawei. Ponsel fleksibel Huawei, Huawei Mate X5, menjadi salah satu produk terlaris di pasar China.

“Huawei juga menduduki puncak pasar ekspor global [yang dapat dilipat] untuk pertama kalinya, menyalip Samsung, yang secara konsisten memimpin pasar,” lapor Counterpoint.

Pada kuartal pertama tahun 2024, Huawei meraih pangsa pasar ponsel pintar sebesar 35%, naik dari 14% pada kuartal pertama tahun 2023.

Sedangkan Samsung berada di urutan kedua dengan pangsa pasar ponsel lipat terbesar sebesar 23% pada I/2024, turun dari 58% pada I/2023.

Merek lain seperti HONOR menempati peringkat ketiga dengan pangsa pasar 12%. Motorola kemudian berada di posisi keempat dengan pangsa pasar 11%.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel