Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) memperluas kerja sama dengan Singapore Airlines di sektor komersial. Kedua maskapai juga sepakat membuka peluang potensi kerja sama bagi hasil.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan salah satu cara untuk memperluas kerja sama ini adalah pada segmen frequent flyer. Ia menjelaskan, pengguna frequent flyer GIAA, GarudaMiles, dan Singapore Airlines, KrisFlyer, dapat menambah atau membeli miles melalui penerbangan codeshare yang dioperasikan kedua maskapai tersebut. 

Selain itu, kedua maskapai juga memperkuat komitmennya untuk mendukung upaya pengembangan pariwisata di kedua negara melalui strategi pemasaran kolaboratif. Inisiatif ini mencakup upaya bersama untuk menarik wisatawan ke Indonesia, termasuk pelaksanaan promosi perjalanan baik untuk biro perjalanan maupun media.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap mampu menarik wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Indonesia melalui Singapura,” kata Irfan dalam keterangan resminya, Selasa (21/5/2024). 

Irfan melanjutkan, kedua maskapai juga sepakat untuk membuka peluang potensi kerjasama bagi hasil yang saat ini sedang dikaji dengan mengacu pada regulasi strategis terkait. 

Joint Development Plan tersebut merupakan bagian lanjutan dari inisiatif Joint Development Plan yang telah dijajaki secara aktif sejak tahun 2023 dan saat ini terus difinalisasikan antara kedua maskapai.

Melalui kerja sama ini, Garuda Indonesia dan Singapore Airlines akan menjajaki peluang untuk memanfaatkan kapasitas dan jaringan setiap penerbangan Indonesia-Singapura yang dioperasikan kedua maskapai tersebut, sehingga memberikan penumpang lebih banyak pilihan waktu penerbangan dengan harga yang kompetitif.

“Perluasan kerja sama bisnis ini memang menjadi wujud penting komitmen kedua maskapai untuk terus memperkuat kerja sama yang telah terjalin guna memaksimalkan dampak bagi kebangkitan sektor penerbangan pasca pandemi,” jelas Irfan. 

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Singapore Airlines, Goh Choon Phong mengatakan, kemitraan ini akan meningkatkan konektivitas Indonesia dan Singapura bagi pelanggan perseroan. Hal ini akan membantu memenuhi meningkatnya permintaan perjalanan udara antara kedua negara dan negara-negara lain, serta memfasilitasi pengembangan pariwisata dan kegiatan ekonomi. 

“Selain itu, dengan meningkatkan sinergi antar program frequent flyer, kami dapat meningkatkan manfaat bagi pelanggan setia kami dan menawarkan lebih banyak peluang untuk memperoleh dan membeli miles saat Anda bepergian dengan kedua maskapai tersebut,” jelasnya. 

Garuda Indonesia dan Singapore Airlines sebelumnya terus mempererat kerja sama kedua maskapai tersebut, dimana pada tahun 2023 kedua maskapai tersebut memperluas kerja sama komersial yang telah terjalin sejak tahun 2021 melalui program Kerjasama Bersama Pengendalian Jalur Udara Kedua Maskapai. 

Saat ini pengguna jasa Garuda Indonesia dapat menikmati berbagai destinasi menarik yang dilayani Singapore Airlines, seperti Bali, Jakarta, Medan, dan Surabaya, serta rute jarak jauh ke Johannesburg, London (Heathrow), dan Mumbai. 

Di sisi lain, pengguna Singapore Airlines dapat menikmati penerbangan yang dioperasikan Garuda Indonesia pada rute Singapura, Bali, Jakarta, dan Medan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel