Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Elellen mengatakan kenaikan suku bunga jangka panjang akan mempersulit pembatasan kebutuhan pinjaman AS. Dengan kata lain, AS harus meminjam lebih banyak. 

Ellen, yang melaporkan pada Minggu (26/5/2024) Bloomberg, mengatakan situasi tersebut meningkatkan pentingnya peningkatan pendapatan dalam negosiasi dengan anggota parlemen Partai Republik.

“Kami menaikkan perkiraan suku bunga. Itu membuat perbedaan. Itu membuat pengendalian defisit dan suku bunga semakin sulit,” kata Elellen, Jumat (24/5/2024).  

Merujuk pada proposal anggaran pemerintahan Biden, Ellen mengatakan hal itu memastikan negara tetap berada pada jalur fiskal yang stabil.  

Selain itu, kata dia, pembayaran bunga disesuaikan dengan inflasi relatif terhadap PDB. Angka tersebut naik tahun lalu, namun pemerintah AS memperkirakan angka tersebut akan stabil di sekitar 1,3% selama 10 tahun ke depan.

“Saya tidak punya aturan keras, tapi saya tidak ingin melonjak lebih dari 2%.” 

Sebaliknya, Goldman Sachs Group Inc. ekonom perusahaan. periksa apakah pengukuran berada di atas zona toleransi. 

Para ekonom memperkirakan tingkat suku bunga riil akan mencapai 2,3 persen pada tahun 2034 dalam publikasi Goldman Sachs baru-baru ini. Sedangkan perkiraan bank dalam survei lima tahun lalu adalah 1,5%.

Meningkatnya inflasi adalah alasan utama memburuknya prospek ini. Federal Reserve secara agresif menaikkan suku bunga mulai tahun 2022 untuk melawan inflasi dan menjadikannya lebih mahal untuk membayar utang pemerintah. 

Dalam proposal anggaran tahunan terbarunya, White memproyeksikan imbal hasil obligasi Treasury 10-tahun sebesar 3,7% pada awal tahun 2030-an, naik dari 2,8% dalam proposal tiga tahun lalu. 

Imbal hasil Treasury, yang mencerminkan tingkat suku bunga utama Federal Reserve, naik sekitar setengah persen sesuai perkiraan jangka panjang.

“Kami telah memasukkan sejumlah langkah untuk mengurangi defisit anggaran untuk menjaga beban bunga pada tingkat yang kami anggap bertanggung jawab secara fiskal,” katanya. 

 

Negosiasi pajak terbuka 

Ellen setuju untuk membuka negosiasi pajak atas pemotongan pajak Trump yang akan berlaku hingga tahun 2025. 

Sebelum pemilu AS, Trump berjanji untuk memperpanjang pemotongan pajak, sementara Presiden Joe Biden ingin menguranginya bagi mereka yang berpenghasilan kurang dari $400.000 per tahun. 

Sedangkan untuk pendapatan dari keringanan pajak yang tidak diperpanjang, dia mengatakan sebagian pendapatan bisa digunakan untuk mengurangi defisit.

Salah satu cara untuk membantu mengurangi defisit adalah dengan meningkatkan pendapatan melalui penerapan perjanjian tarif pajak global. 

Di antara beberapa proposal kenaikan pajak dalam anggaran Biden bulan Maret yang ditentang oleh Partai Republik adalah kenaikan pajak atas keuntungan modal dan rumah tangga yang bernilai setidaknya $100 juta. 

Menurut Jason Furman, mantan kepala ekonom Gedung Putih pada masa pemerintahan Obama, para pembuat kebijakan harus tegas dalam menjaga tingkat suku bunga riil di bawah 2 persen PDB. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel