Bisnis.com, JAKARTA – Layanan SpaceX Starlink milik Elon Musk akan diluncurkan pada Boeing 777-300ER milik Qatar Airways pada akhir kuartal keempat tahun 2024.

Hal ini diumumkan oleh Qatar Airways, @qatarairways pada 29 Mei 2024 di akun resmi X (sebelumnya Twitter).

Dalam pengajuannya, Qatar Airways menyatakan akan menjadi maskapai penerbangan pertama di kawasan MENA yang bergabung dengan SpaceX Starlink milik Elon Musk.

“Tiga pesawat Boeing 777-300 pertama Qatar Airways akan ditingkatkan dengan Wi-Fi Starlink, kecepatan sangat tinggi dan latensi rendah pada kuartal terakhir tahun ini,” kata Qatar Airways dalam sebuah pernyataan. Jumat (31 Mei 2024).

Maskapai global ini mengumumkan bahwa Starlink akan tersedia di tiga pesawat Boeing 777-300ER. Qatar Airways berencana untuk menyediakan layanan SpaceX Starlink dalam dua tahun ke depan.

Penumpang dapat menikmati Wi-Fi gratis hingga 500 megabit per detik untuk menonton film favorit, menonton siaran langsung olahraga, dan bermain game online di ketinggian 30,000 kaki, Tesla mengumumkan pada Jumat, 31 Mei 2024.

Pada Oktober 2023, Qatar Airways mengumumkan kemitraan dengan SpaceX untuk menghadirkan jaringan Starlink ke penerbangan dan tujuan tertentu.

Akbar Al Baker, Group CEO, Qatar Airways, mengatakan: “Kemitraan yang menarik ini adalah tentang pendekatan perintis kami terhadap penggunaan teknologi dan merupakan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menghubungkan Starlink dengan orang-orang yang berkendara di seluruh dunia.”

Qatar Airways berharap para penumpang dapat memperoleh manfaat dari penambahan progresif pada pengalaman penerbangan Qatar Airways.

Perusahaan sebelumnya mengatakan pelanggan dapat mengakses Wi-Fi hingga 350 Mbps pada penerbangan Starlink.

Namun, angka-angka ini dibuat sebelum SpaceX menerima lisensi FCC untuk menggunakan satelit Starlink V4 baru di kendaraan bergerak seperti mobil, kapal laut, dan pesawat terbang. Chip V4 Starlink dapat memberikan kecepatan yang lebih baik lagi.

Selain Qatar Airways, Starlink tersedia di Hawaiian Airlines, JSX, AirBaltic, dan ZIPAIR.

Baru-baru ini Starlink mengumumkan telah menjangkau 3 juta pengguna di 99 negara.

Simak berita dan artikel di Google News dan WA