Bisnis.com, JAKARTA – Presiden DPR RI Puan Maharani mengumumkan usulan nama calon Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS BI) yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengikuti uji kelayakan dan kelayakan berikutnya. pekan. 

Puan menjawab pertanyaan apakah Desti Damayani merupakan calon Deputi Senior Bank Indonesia periode tersebut yang diajukan kepada Jokowi. 

Nanti ada mekanismenya, pasti saya serahkan tepat waktu, kata Puan saat ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Senin (20/05/2024).

Seperti diketahui, Destri Damayanti saat ini menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior (DGS) BI. Destry resmi menjadi DGS BI berdasarkan Keputusan Presiden tanggal 29 Juli 2019 Tahun 2019-2024.

Pada kesempatan lain, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menutup rapat paripurna dengan agenda pemerintah yang memaparkan Kerangka Ekonomi Makro dan Kebijakan Pokok Fiskal (KEM-PPKF) RAPBN tahun anggaran 2024.

“Diterima, [surpress] masih di Presiden [DPR RI], saya tidak,” ujarnya di Kompleks DPR RI, Senin (20/5/2025). 

Dasco mengaku mendapat cekikan tersebut 2 minggu lalu. Ia juga tidak membeberkan rincian nama calon yang diajukan kepada DJP BI.

“Saya belum tahu, suratnya belum saya buka,” ujarnya.

Dasco juga mengatakan, Majelis XI DPR RI kemungkinan akan melakukan uji kelayakan dan kelayakan atau DGS BI pada pekan depan.

“Mungkin minggu depan kami akan serahkan [Perpres ke komisi XI],” jelasnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pembinaan dan Penguatan Sektor Keuangan disebutkan bahwa DGS diusulkan dan ditunjuk oleh Presiden dengan persetujuan DPR. Presiden dapat mengajukan maksimal tiga calon kepada “DNR” untuk jabatan tersebut.

Selain itu, DNR harus menyetujui atau menolak calon DGS paling lambat 1 bulan setelah menerima tawaran. 

Anggota Dewan Administratif juga diangkat untuk masa jabatan 5 tahun dan dapat diangkat kembali pada jabatan yang sama untuk maksimal satu kali masa jabatan.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA