Bisnis.com, JAKARTA – Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengatakan perpisahannya dengan tim Merseyside merupakan sesuatu yang tidak wajar.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp kaget saat mengucapkan selamat tinggal kepada The Reds setelah hampir sembilan tahun bersama.

Klopp menilai meninggalkan Liverpool adalah sebuah kegilaan karena hubungannya dengan klub dan kota tersebut begitu istimewa.

Liverpool menutup Premier League 2023-2024 dengan kemenangan 2-0 atas Wolverhampton Wanderers (Wolves) di Anfield, Minggu (19/5/2024).

Laga ini merupakan laga ke-491 dan kemenangan ke-305 sejak Klopp menangani Liverpool pada 8 Oktober 2015.

“Tidak, menurut saya [perpisahan] itu normal. Saya sudah tahu sejak lama bahwa hubungan kami sangat istimewa, saya menyukainya,” kata Jurgen Klopp dalam konferensi pers terbarunya, Senin (20/5/ 2024).

Ia mengaku menikmati hampir 9 tahun menukangi Liverpool. Ia pun takjub dengan dukungan fanatik yang diberikan para penggemar kepadanya.

“Ini benar-benar gila. Orang-orang yang berada di stadion hari ini, staf muda yang berada di stadion hari ini yang saya lihat setelah pertandingan, mereka tidak mengenal satupun manajer Liverpool,” kata Klopp.

Manajer asal Jerman itu mengatakan para penggemar mengira dia selalu berada di bangku cadangan saat Liverpool bermain.

Namun kerja sama kedua pihak diperkirakan akan berakhir pada akhir musim 2023-2024.

“Yah, mereka hanya mengira saya selalu ada dan saya selalu ada, dan sekarang saya tidak ada lagi,” katanya.

Dalam hampir sembilan tahun, Klopp dan Liverpool telah memenangkan 8 trofi, termasuk trofi Liga Champions, dimenangkan setelah 14 tahun dan Liga Premier, dimenangkan setelah 30 tahun.

Ia mengatakan kesuksesannya bersama The Reds tidak bergantung pada dirinya sendiri, tapi juga kerja keras para staf kepelatihan seperti Pep Lijnders, Vitor Matos, Peter Krawietz, John Achterberg, Jack Robinson, dan Andreas Schlumberger.

Enam tim pelatih yang pernah bekerja sama dengan Klopp pun mengucapkan selamat tinggal kepada Liverpool.

“Kalau publik itu Jurgen Klopp, Jurgen Klopp, Jurgen Klopp, Jurgen Klopp. Tapi Jurgen Klopp adalah Pep Lijnders, Jurgen Klopp adalah Peter Krawietz, Jurgen Klopp adalah Vitor Matos, Jurgen Klopp adalah John Achterberg, Jack Robinson, Claudio Taffa, Andreas Kornmayer dan Andreas Schlumberger,” ujar mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Usai menangani Liverpool, Klopp berencana istirahat dari dunia kepelatihan setidaknya selama satu tahun.

Klopp dengan gembira mengatakan bahwa sejak berakhirnya pertandingan melawan Wolves ia resmi menjadi pendukung Liverpool.

Temukan berita dan artikel lainnya di Google Berita dan WA Channel