Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendukung Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) bersiap menghadapi tantangan dan perubahan perekonomian Indonesia.

Hal itu disampaikan Sri Mulyani saat menghadiri Rapat DJA Kota tentang “Penganggaran untuk Pertumbuhan yang Stabil, Berkelanjutan, dan Berkeadilan” yang digelar di Gedung Dhanapala, Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Di awal pengarahan, Bapak Xi Jinping menyampaikan terima kasih kepada jajaran DJA yang terus memperkuat kekuatannya dan siap menghadapi tantangan yang dihadapi Indonesia khususnya di bidang perekonomian.

Sri Mulyani pun menyampaikan apresiasi atas kinerja DJA yang tak pernah puas.

Ini menunjukkan sikap yang sangat baik, yang tidak pernah puas atau apalagi kami merasa sangat baik. Ini sikap yang sangat saya hargai. Terima kasih Pak Isa dan seluruh jajarannya, kata Sri Mulyani. Dari keterangan resmi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jumat (17/5/2024).

Ia pun berharap para pejabat DJA bisa melihat arah perubahan dan tantangannya, sebab DJA punya sejarah panjang dalam mengelola keuangan negara.

Hal kedua yang juga disebutkan dalam intervensi singkat Pak Isa, Direktur Anggaran Umum selalu menjadikan sejarah masa lalu beliau sebagai titik tolak. Agar kita sebagai individu, lembaga, bangsa mengetahui bahwa itu adalah akar dari diri kita dan bangsa. dari mana kita berasal dan ke mana kita ingin pergi. Dia melanjutkan bahwa “ini juga merupakan panduan yang baik untuk bersikap.

Menkeu menegaskan, perubahan yang perlu mendapat perhatian adalah persoalan yang berkaitan dengan situasi geografis, seperti Politik, Globalisasi, Krisis Perubahan Iklim, Transformasi Digital dan Kecerdasan Buatan (AI), seperti faktor demografi.

Sri Mulyani mengatakan, DJA dapat menjadi mesin yang memberikan solusi dalam pengelolaan keuangan Indonesia jika mampu melihat perubahan yang terjadi seiring dengan kepentingan tersebut.

“Kalau teman-teman DJA bisa melihat, maka saya sangat optimis, DJA Kementerian Keuangan akan menjadi mesin yang baik yang akan menjadi bagian dari solusi dalam pengelolaan perekonomian Indonesia. Akan terus maju,” ujar mantan Direktur. dari DJ Bank Dunia.

Bersamaan dengan itu, Direktur Departemen Anggaran (Dirjen) Ibu Isa Rachmatarwata menyampaikan sambutan pada acara tersebut, mengatakan bahwa DJA terus memberikan Komitmen untuk memelihara dan memperbaharui kelembagaan agar sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan negara dengan meningkatkan Kekuatan. , stabilitas dan persatuan.

“DJA berkomitmen untuk terus meningkatkan keterampilan, baik lunak maupun keras, yang diperlukan untuk merencanakan dan mengelola anggaran negara. Kami akan menjaga dan tetap jujur. Kami akan meningkatkan kerja sama dalam dan luar negeri. Organisasi DJA akan kita pertahankan dan tingkatkan agar terus sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan negara,” kata Isa. (Ahmadi Yahya)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel