Bisnis.com, BADUNG – Permintaan Indonesia untuk menetapkan Hari Air Sedunia secara resmi diterima dalam deklarasi tingkat menteri pada Forum Air Dunia ke-10.

Agen Khusus Menteri Teknologi, Industri dan Lingkungan Hidup Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja menjelaskan, setelah persetujuan resmi, tanggal World Lakes belum ditentukan sebelumnya.

Pasalnya, masih ada beberapa pembahasan yang perlu dilakukan dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Tanggal danau. Mekanisme tersebut dilaksanakan melalui Majelis Umum PBB. Kita akan berdiskusi di sana. (Tanggal akan ditentukan),” kata Endra saat ditemui di penghujung World Water Forum di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kamis (23/5/2024).

Sedikit informasi, Endra mengatakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sudah menyampaikan pengaduan langsung kepada Presiden Majelis Umum PBB.

Endra mengungkapkan, Menteri Basuki sangat yakin usulan terkait Hari Danau Sedunia akan membentuk resolusi baru PBB.

Meski belum jelas, Endra menilai usulan penetapan Hari Danau Sedunia merupakan inisiatif yang sangat penting.

“Kami belum tahu tanggalnya tapi akan dibahas di Majelis Umum PBB. Nanti Duta Besar kita untuk UNESCO, New York, Jenewa akan menyiapkan prosedurnya. Termasuk Kementerian Luar Negeri di Jakarta,” pungkas Endra.

Untuk informasi anda Selain menyetujui penetapan Hari Danau Sedunia, Deklarasi Tingkat Menteri Forum Air Dunia ke-10 juga menyepakati isu-isu lain. Dua masalah lagi juga.

Yang pertama adalah pembentukan center of excellence. Hal ini untuk mendukung ketahanan air dan iklim dalam membangun kapasitas sehari-hari.

Kedua, komitmen para Menteri pada Forum Air Dunia 2024 mencakup diskusi mengenai sumber daya bersama untuk banyak negara dan pulau-pulau kecil.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.