Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) akan segera mengoperasikan jalan tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 (Limapuluh-Kisaran) sepanjang 32,15 km. Tol ini merupakan penghubung Tol Indrapura-Kisaran Seksi I (Indrapura-Limapuluh) yang akan beroperasi mulai November 2023.

Executive Vice President (EVP) Corporate Secretary Hutama Karya Ajib Al Hakim mengatakan divisi Indrapura-Kisaran akan terintegrasi penuh dengan operasional Divisi 2.

“Hal ini akan mengurangi waktu tempuh Medan-Kisaran dari 5 jam menjadi 2,5 jam dan memudahkan pemudik dari bandara,” kata Ajib dalam keterangan resmi, Jumat (5/10/2024).

Ruas 2 tol ini telah menjalani uji kelayakan kinerja pada tanggal 29 Februari hingga 31 Maret 2024, dan dinyatakan memenuhi standar pelayanan minimum dan beroperasi normal.

Jalan tol ini telah diuji dan berfungsi pada masa Mudik Lebaran 2024 pada tanggal 3 hingga 21 April 2024.

Setelah itu, perusahaan menyiapkan 127 karyawan untuk tugas tersebut berdasarkan materi dan teknis. Personel tersebut terdiri dari personel darurat, paramedis dan petugas patroli, 27 kendaraan dinas, 2 simpang susun yang terletak di Limapuluk dan Kisaran serta 2 rest area yang terletak di jalur KM 145 A dan B.

Selain itu, selama masa sosialisasi, ruas Elu-Kisaran tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, pengguna jalan tol diimbau menyiapkan kartu e-money untuk mengakses gerbang tol.

Ajib juga meminta masyarakat memiliki kartu e-money yang cukup karena tarif di ruas Indrapura-Limpulukh sudah ditetapkan.

“Tarif untuk ruas Elu-Kisaran sekitar 1.338 km. Kami akan informasikan setelah Kementerian PUPR mengeluarkan perintah menteri tentang pajak jalan tol ini,” tutupnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA