Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso memuji Gian Piero Gasperini yang berhasil membentuk Atalanta menjadi salah satu tim papan atas Liga Italia.

Bayer Leverkusen akan bertemu Atalanta pada final Liga Europa di Dublin pada Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

“Dia memiliki strategi yang jelas dan dia sedang membangun tim yang kuat dan berlevel tinggi,” kata pelatih asal Spanyol itu, seperti dilansir AFP, Selasa.

Mereka tim papan atas. Kami punya peluang jika kami menunjukkan yang terbaik, kata Alonso.

Gasperini sendiri menyebut mencapai final Liga Europa melawan Leverkusen merupakan titik tertinggi dalam karier kepelatihannya.

Pelatih berusia 66 tahun kelahiran Torino itu telah menangani Atalanta selama delapan tahun setelah berpindah antar klub Serie A. 

Tim terbesar Gasperini pernah menangani Inter Milan, namun ia hanya bertahan tiga bulan karena empat kekalahan dalam lima pertandingan di awal musim 2011.

“Apakah ini poin tertinggi dalam karier saya? Ya,” kata Gasperini di laman UEFA, Selasa.

“Ya dari segi kesuksesan dan kebanggaan,” ujar mantan gelandang Palermo dan Pescara era 1980-an itu.

Karier Gasperini berbeda dengan Alonso yang rutin mengangkat trofi bersama Liverpool, Real Madrid, Bayern Munich, dan timnas Spanyol.

Untuk itu, Gasperini menyadari laga terakhir melawan Leverkusen tidak akan mudah meski ia berniat meraih kemenangan.

“Saya rasa memenangi piala tidak selalu menjadi parameter penentu kesuksesan. Setiap orang punya tujuan berbeda-beda. Jika sukses di sini, seperti Atalanta, Anda tetap merasa sangat puas,” kata Gasperini.

“Jika kami juga bisa menambah satu trofi tentu kami akan sangat puas,” pungkas Gasperini.

Leverkusen mencapai final Liga Europa setelah mengalahkan Qarabag, West Ham dan AS Roma, sedangkan Atalanta mencapai final setelah mengalahkan Sporting Lisbon, Liverpool dan Marseille.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel