Bisnis.com, JAKARTA – Bank sentral Tiongkok, People’s Bank of China (PBOC), memperluas kebijakan moneternya untuk mencapai manajemen likuiditas yang lebih baik dalam sistem keuangan, seiring dengan upaya untuk menambah lebih banyak alat untuk mendorong perekonomian menjadi lebih baik.

Mengutip Bloomberg, Senin (28/10/2024), People’s Bank of China akan mengadakan perjanjian pembelian kembali terbalik dengan dealer utama atau reverse repurchase agreement setiap bulan untuk jangka waktu hingga satu tahun, menurut pernyataan pada Senin. 

Bank Rakyat Tiongkok mengatakan langkah ini bertujuan untuk menjaga tingkat likuiditas yang wajar dalam sistem perbankan dan memperkaya instrumen kebijakan moneter.

Repo adalah suatu bentuk pinjaman jangka pendek yang digunakan di pasar uang dimana surat berharga dibeli dengan perjanjian untuk dijual kembali pada tanggal tertentu. Dalam hal ini, surat berharga tersebut akan mencakup obligasi pemerintah, utang pemerintah daerah, dan utang korporasi, kata BPC.

Instrumen baru ini diharapkan melengkapi instrumen yang sudah ada termasuk reverse repo tujuh hari, MLF satu tahun, perdagangan obligasi pemerintah dan penyesuaian persyaratan cadangan, menurut laporan Senin di Shanghai Securities News, mengutip orang-orang yang tidak disebutkan namanya yang dekat dengan bank sentral. . 

Menurut laporan tersebut, BPC kemungkinan akan melakukan transaksi reverse repo selama tiga hingga enam bulan. Hal ini akan membantu mengimbangi hambatan jatuh tempo yang signifikan pada fasilitas kredit jangka menengah satu tahun dalam dua bulan terakhir tahun ini.

Bank sentral telah memperbarui kerangka kebijakannya agar dapat beroperasi seperti bank sentral lainnya dan mempengaruhi biaya pinjaman pasar dengan lebih efektif.

Mereka telah meremehkan peran fasilitas kredit jangka menengah sebagai suku bunga utama dan beralih menggunakan reverse repo tujuh hari sebagai pendorong kebijakan utama untuk mengirimkan sinyal yang lebih jelas, dan operasi baru kemungkinan akan dilakukan di antara keduanya. .

Becky Liu, kepala strategi makro Tiongkok di Standard Chartered Bank, mengatakan kebijakan baru ini kemungkinan akan menyuntikkan likuiditas jangka panjang ke pasar antar bank dan dapat berkontribusi pada perkiraan lonjakan penerbitan obligasi Tiongkok. 

“Direct repo itu ada basic bond swap-nya, jadi perbankan diharapkan bisa melepas likuiditasnya dalam jangka panjang. “Bank Rakyat Tiongkok dapat mempersiapkan perbankan untuk memfasilitasi penerbitan obligasi pemerintah yang lebih besar di masa depan,” jelasnya.

Indikator pasar uang menunjukkan bahwa bank-bank dan lembaga keuangan non-bank Tiongkok terus mengalami tekanan pendanaan.

Lembaga-lembaga ini memasuki akhir tahun di mana mereka mungkin mengalami peningkatan musiman dalam permintaan uang tunai dan juga menunggu kemungkinan langkah-langkah stimulus fiskal yang dapat melibatkan tambahan pinjaman pemerintah.

Memastikan adanya likuiditas yang cukup di pasar sangat penting untuk membantu perekonomian, yang menderita akibat kurangnya permintaan domestik dan krisis perumahan yang sedang berlangsung. Pihak berwenang telah menerapkan paket stimulus besar-besaran sejak akhir September, termasuk pemotongan besar-besaran pada suku bunga dan jumlah uang tunai yang harus disimpan bank sebagai cadangan. 

Tiongkok diperkirakan akan mengizinkan pemerintah daerah menerbitkan lebih banyak obligasi untuk membiayai kembali utang luar neraca mereka, dan pemerintah pusat mungkin juga akan menjual lebih banyak obligasi pemerintah untuk membiayai lebih banyak pengeluaran.

Hal ini berarti peningkatan pasokan dalam beberapa bulan mendatang dapat menguras likuiditas dari pasar antar bank karena bank umum merupakan pembeli utama obligasi. 

Sementara itu, Tiongkok memiliki sekitar 1,45 triliun yuan, atau $204 miliar, pinjaman Dana Multilateral yang akan dicairkan pada bulan November dan Desember, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Imbal hasil acuan negara tersebut sedikit berubah pada hari Senin karena yuan asing anjlok di tengah penguatan dolar yang meluas.

“Dibandingkan dengan reverse repo, terdapat lebih banyak fleksibilitas dalam hal apa yang dapat dilakukan Bank Rakyat Tiongkok terhadap obligasi yang dijual kepadanya melalui reverse repo,” kata Frances Cheung, ahli strategi di Oversea-Chinese Banking Corp. 

Ia menambahkan, kebijakan baru ini juga menciptakan peluang penurunan RRR yang lebih kecil untuk menggantikan FML.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel