Bisnis.com, JAKARTA – Apple, perusahaan yang dipimpin Tim Cook, memenangkan gugatan terhadap perusahaan teknologi kesehatan Masimo Corp. terkait fitur jam tangan pintar Masimo, khususnya model W1 dan Freedom.

Perusahaan tersebut kedapatan menjiplak desain Apple dan harus membayar denda. 

Seperti dilansir The Verge, Senin (28/10/2024), Masimo harus membayar sekitar $250 atau sekitar Rp 3,9 juta kepada Apple karena melanggar hak paten Apple.

Meski hanya menerima sedikit kompensasi, pengacara Apple John Desmarais mengatakan para pihak tidak mencari uang dalam kasus ini.

Diriny mengatakan Apple hanya meminta Masimo dan perusahaan lain untuk tidak meniru atau menduplikasi desain Apple.

“Kami di sini bukan demi uang. Perusahaan berharap Masimo berhenti meniru desain kami,” kata Desmarais, Senin (28/10/2024).

Dalam laporan tersebut, hakim menemukan bahwa Masimo memiliki niat yang disengaja pada desain asli modul kesehatan dan pengisi daya W1 dan Freedom, sehingga melanggar paten desain Apple.

Keputusan ini menandai kemenangan Apple dalam hal perlindungan kekayaan intelektualnya, khususnya pada elemen desain teknologi jam tangan pintar. 

Sementara itu, hasil gugatan hari ini merupakan hasil gugatan balik Apple atas gugatan yang diajukannya kepada Masimo. 

Gugatan tersebut bermula setelah Masimo mengklaim paten miliknya telah digunakan Apple untuk fitur pulse oximetry di Apple Watch. Fitur ini memungkinkan pemilik jam tangan mengukur kadar oksigen dalam darahnya. 

Sekadar informasi, Masimo mempunyai produk bernama Masimo Freedom. 

Masimo Freedom adalah jam tangan pintar yang dirancang khusus untuk memantau kesehatan Anda. Jam tangan ini memiliki fungsi unggulan untuk mengukur kadar oksigen darah (SpO2), detak jantung, dan hidrasi tubuh.

Fitur ini sangat penting terutama bagi orang yang memiliki gangguan pernafasan atau ingin memantau kesehatannya secara umum. Masimo terkenal dengan teknologi pengukuran SpO2 yang akurat, sehingga Anda bisa mendapatkan data yang andal.

Kembali ke Apple, diketahui Apple menonaktifkan fitur ini di Apple Watch Series 9 dan Ultra 2 dan fitur tersebut juga absen di Seri 10 baru. 

Pembatasan tersebut hanya berlaku di Amerika Serikat, di mana Apple telah meminta larangan mengimpor model dengan fitur yang dimaksud.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel