Bisnis.com, Jakarta – Perusahaan Patungan PT Mitrabara Adiperdana Tbk. (MBAP) dan Masdar, PT Masdar Mitra Solar Radiance (MMSR) atau Solar Radiance terus mengembangkan usahanya di bidang penyewaan peralatan dan peralatan kelistrikan.

Baru-baru ini Masdar Mitra Solar Radiance memperkenalkan PLTS Atap yang dipasang di Mall Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (24/10/2024).

Direktur Jenderal MMSR Hans Kartika Putra mengatakan dana abadi tersebut merupakan langkah nyata memberikan kontribusi terhadap energi terbarukan ramah lingkungan di Indonesia dan mengurangi pemanasan global. 

Mal Panakkukang akan membantu mengurangi emisi karbon dan menjadi salah satu contoh energi terbarukan di Makassar, ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (28/10/2024).

Menurut Sugianto, Direktur Pengembangan Bisnis DeBest Group, kerja sama dengan Solar Radiance merupakan langkah menuju pencapaian rencana DeBest Group mengenai energi terbarukan.

“Dari langkah awal ini, 1.700 MW akan mencapai target 15.000 MW pada tahun 2026 atau setara dengan 170.000 pembangkit penyerapan karbon 10 tahun per tahun,” ujarnya.

Dijelaskannya, Proyek PLTS Atap Mal Panakkukang, Makassar, telah dibangun sejak Juli 2024 dan dijadwalkan beroperasi pada November 2024 dengan target sebesar 1,24 MW. 

Selain itu, Komisaris MMSR dan Presiden Eksekutif MBAP Khairuddin berharap kerja sama dan komunikasi tersebut dapat terjalin dan ditingkatkan di masa depan untuk membantu mengurangi emisi karbon di Indonesia. 

“Selanjutnya, sebagai bentuk dukungan melalui pengutamaan lingkungan hidup, sosial dan tata kelola [ESG], komitmen kami terhadap lingkungan hidup merupakan bagian penting dari nilai-nilai kami dan kami berharap perkembangan perekonomian dan penggunaan energi berkelanjutan dapat berjalan baik. dan ya dalam bisnis,” tambahnya.

Menurutnya, kolaborasi ini dapat menjadi contoh dan motivasi yang baik bagi pelaku usaha dalam proses upaya transformasi energi dan menjadi insentif yang kuat bagi tercapainya zero inputconsumption di Indonesia.

MMSR merupakan perusahaan patungan yang 52,5% sahamnya dimiliki oleh Mitrabara Adiperdana dan akan mulai beroperasi pada tahun 2023. Investasi MBAP di perseroan sebesar USD 3,26 juta hingga 30 Juni 2024. 

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel