Bisnis.com, Jakarta — Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) periode 2024-2029 telah ditetapkan. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 64/M Tahun 2024 tentang Pencabutan dan Pengangkatan Keanggotaan DJSN yang ditandatangani Presiden ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi) pada 9 Oktober. 

Keputusan ini mulai berlaku pada 19 Oktober 2024. Dalam keputusan tersebut, melalui surat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Nomor Р-70/Menko/PMK/9/2024, pada tanggal 10 September 2024, permohonan DJSN diajukan terlebih dahulu. Calon periode 2024-2024 berdasarkan keputusan seleksi tahun 2029.  

Mereka mengganti kepesertaan DJSN periode 2019-2024 yang habis masa berlakunya pada 19 Oktober. Selain itu, sesuai dengan Pasal 23 Keputusan Presiden Republik Kazakhstan Nomor 46 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Cara Pengorganisasian, Tata Cara Pengangkatan, Perubahan dan Pemberhentian, Presiden mengangkat dan memberhentikan anggota DJSN, ketua dan anggota DJSN. 

Oleh karena itu, melalui Keputusan Presiden Nomor 64/M Tahun 2024 diputuskan penghentian keanggotaan DJSN tahun 2019-2024 mulai tanggal 19 Oktober 2024. 

Beberapa gelar tersebut adalah Nunung Nuryartono, Ketua dan Anggota Pemerintah. Kemudian Sudarto, Kunta Vibawa Dasa Nugraha, Indah Anggoro Putri dan Rubben Rico menjadi peserta yang mewakili unsur pemerintah. 

Kemudian Lene Muliati, Indra Budi Sumantoro, Muttakien, Tono Rustiano, Mikael Bobby Hoelman dan Asih Eka Putri sebagai ahli statistik dan/atau ahli. 

Selain itu, Soeprayitno, Paulus Agung Pambudhi, Subiyanto dan Andy William Parlindungan Sinaga merupakan anggota organisasi pengusaha/organisasi dunia usaha. 

“Terima kasih atas kesetiaan dan pengabdiannya selama menjabat posisi ini,” bunyi Perpres Nomor 64/M Tahun 2024. 

Kemudian melantik anggota DJSN untuk tahun 2024-2029. Pertama, Nunung Nuryartono kembali menjabat sebagai ketua dan wakil mewakili unsur Pemerintah. 

Sudarto, Kunta Vibawa Dasa Nugraha, Indah Anggoro Putri, dan Rubben Rico kemudian ditunjuk sebagai wakil unsur pemerintah. Anggota yang saat ini mengisi bidang statistik dan/pakar antara lain Agus Taufikurrohman, Muttakien, Rudy Purwono, Mahesa Paranadipa Maikel, Syamsul Hidayat Pasaribu dan Mikael Bobby Hoelman. 

Selain itu, perwakilan yang mewakili unsur organisasi pengusaha antara lain Nicodemus Beriman Purba dan Paulus Agung Pambudhi. 

Selain itu, Royanto Purba dan Hermansya merupakan anggota yang mewakili unsur organisasi pekerja/organisasi buruh. 

Kesimpulannya, anggota DJSN periode 2024-2029 telah diberikan hak keuangan dan jabatan lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA