Bisnis.com, JAKARTA – Google Alphabet Inc. perusahaan induk Saat ini sedang dikembangkan sistem kecerdasan buatan (AI) bernama Project Jarvis yang akan dihadirkan dalam waktu dekat. 

Nama Jarvis menjadi terkenal di film Iron Man. Teknologi kecerdasan buatan ini berfungsi sebagai asisten pribadi pencipta Iron Man, Tony Stark.

Jarvis memainkan peran penting dalam membantu Tony dalam segala hal mulai dari merancang pakaian Iron Man hingga mengelola semua sistem di markas Avengers.

Sementara itu, Jarvis, yang dikembangkan oleh Google, membantu mengotomatiskan tugas sehari-hari berbasis web dengan mengambil tangkapan layar, menafsirkannya, lalu menekan tombol atau memasukkan teks. 

Sistem AI baru ini juga akan memungkinkan pengguna untuk berbicara tentang halaman web yang mereka lihat. Apple Intelligence perlu mengetahui apa yang ada di layar dan melakukan berbagai hal di berbagai aplikasi.

Mengutip The Verge, Minggu (27/10/2024) Sistem tersebut dirancang untuk menangani tugas-tugas seperti penelitian, belanja, dan pemesanan penerbangan.

Proyek Jarvis juga akan menjadi sistem kecerdasan buatan yang dapat melakukan tugas atas nama pengguna dengan mengambil alih browser web. Google akan menampilkan preview Jarvis setelah Desember mendatang. 

Dikenal sebagai program komputer melalui karakter Marvel Iron Man, nama Jarvis telah menjadi nama kode bagi penggunanya untuk melakukan berbagai tugas. 

Sistem ini akan berjalan di Google Chrome dan merupakan fitur untuk mengotomatiskan tugas sehari-hari. Namun belum diketahui apakah pengoperasiannya akan digunakan untuk mobile atau desktop.

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa Proyek Jarvis Google didukung oleh versi masa depan Google Gemini, yang hanya berfungsi dengan browser web, khususnya Chrome. 

Namun, rencana Google untuk memamerkan Jarvis pada bulan Desember mungkin berubah. Perusahaan sedang mempertimbangkan untuk merilis game tersebut ke sejumlah kecil penguji untuk membantu mereka menemukan dan memperbaiki bug.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel