Bisnis.com, JAKARTA – Terlalu sering mendengarkan lagu dengan headphone yang keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada telinga.

Menurut Regain Hearing, telinga manusia tidak cukup kuat untuk menahan suara keras karena dirancang untuk menangkap suara lembut, sehingga suara keras yang diterima melalui headphone dapat merusak telinga.

Telinga manusia memiliki bulu-bulu halus di dalamnya. Gesekan antara permukaan yang berbeda dapat menyebabkan rambut halus bergetar dengan cara yang berbeda, sehingga menghasilkan suara yang berbeda.

Musik yang terlalu keras akan meningkatkan getaran tersebut. Jika getaran terlalu kuat dan berlangsung terlalu lama, bulu-bulu halus tidak dapat menahan getaran dan tidak berfungsi dengan baik. Hal ini tentu saja mempengaruhi berapa lama orang mendengarkan musik dan seberapa keras musik tersebut.

Laporan dari Cleveland Clinic, penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 8 anak muda berusia 6 hingga 19 tahun mengalami gangguan pendengaran akibat mendengarkan musik yang terlalu keras melalui headphone. Jumlah ini bisa bertambah karena sebagian besar anak menghabiskan banyak waktunya dengan perangkat audio.

Paparan suara keras yang berulang-ulang dapat menyebabkan kerusakan permanen. Telinga yang terkena suara keras akan menua 50% lebih cepat dibandingkan telinga normal. Jadi ini akan memungkinkan orang untuk mendengar seperti orang berusia 80 tahun di usia 50 tahun.

Tanda-tanda penyakit telinga ini biasanya dirasakan dengan telinga berdenging, suara serak, kesulitan mengikuti percakapan, dan ketidakmampuan mendengar suara bernada tinggi.

Hal ini jelas berbahaya karena gangguan pendengaran yang parah dapat menyebabkan kerusakan pendengaran permanen.

Untuk menghindari masalah ini, James E. Foy, seorang ahli osteopati dari Valio California, menyarankan penggunaan headphone yang baik adalah dengan mengikuti aturan 60/60.

“Sebagai aturan praktis, Anda sebaiknya hanya menggunakan pemutar MP3 dengan volume maksimum 60%, dengan total 60 menit sehari. Semakin tinggi volumenya, semakin pendek durasinya,” kata Foy, dikutip dari American Osteopathic Asosiasi, Minggu (27/10/2024).

Foy juga mengatakan, mendengarkan musik dengan volume penuh sebaiknya hanya dilakukan sekitar 5 menit sehari. Hal ini tentunya untuk mencegah gangguan pendengaran pada telinga. (Jesslyn Samantha Romeris Lumbentoving)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA