Bisnis.com, JAKARTA – Poliomielitis (polio) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus polio menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

Virus polio masuk ke dalam tubuh melalui mulut, dari air atau makanan yang terkontaminasi tinja orang yang terinfeksi virus polio. Virus akan berkembang biak di perut.

Gejala poliomielitis yang pertama adalah demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, leher kaku, nyeri pada kaki. Kebanyakan gejala muncul 7-10 hari setelah infeksi, namun bisa juga terjadi dalam 4-35 hari.

Selain itu, jika gejalanya memburuk, mungkin terjadi kelumpuhan yang lemah (tidak kuat) pada kaki. Oleh karena itu, jika anak di bawah usia 15 tahun tiba-tiba jatuh sakit, segera bawa ke rumah sakit atau rumah sakit terdekat.

Pasien yang terinfeksi poliomielitis dapat menularkan virusnya selama 7-10 hari sebelum gejala muncul. Selain itu, virus dapat bertahan hidup di tinja selama 3-6 minggu.

Polio bisa menyerang siapa saja, terutama anak di bawah usia lima tahun yang belum mendapat vaksin polio. Risikonya meningkat jika kondisi sanitasi buruk, misalnya dengan adanya toilet bowl (BABS) yang terbuka.

Sekitar 1 dari 200 orang yang terinfeksi polio mengalami kelumpuhan permanen (biasanya pada kaki). Di antara penyandang disabilitas, 5%-10% meninggal karena otot pernapasan mereka lumpuh akibat virus.

Indonesia dan negara-negara SEARO lainnya telah mendapatkan sertifikat pemberantasan polio pada tahun 2014. Saat ini, virus polio liar tipe 2 dan 3 dinyatakan telah diberantas pada tahun 2015 dan 2019. Hanya ada dua negara yang memenuhi kriteria virus polio tipe 1, yaitu Pakistan dan Afghanistan. . 

Vaksin apa yang diberikan untuk mencegah poliomielitis?

Kementerian Kesehatan menyediakan vaksinasi polio gratis di seluruh rumah sakit pemerintah. Vaksin yang diberikan:

Vaksin polio (OPV) diberikan sebanyak empat kali, yaitu pada usia 1, 2, 3, 4 bulan, dan dua kali pada usia 4 dan 9 tahun. Vaksin polio dapat diberikan hingga lima tahun. (Kaya Samuel K.P.)

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran VA