Bisnis.com, JAKARTA – Badan Penyelenggara Haji tengah melakukan sejumlah persiapan untuk menggantikan Kementerian Agama (Kemenag) sebagai penyelenggara ibadah haji 2026.

Wakil Ketua Umum Penyelenggara Haji Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan perubahan bersama Kementerian Agama untuk menjalankan tugas tersebut. Sedangkan Pusat Penyelenggaraan Haji akan berkantor di Kementerian Agama.

“Mereka akan berkantor di gedung Kementerian Agama,” kata Dahnil kepada Bisnis, Jumat (25 Oktober 2024).

Saat dikonfirmasi besaran anggarannya, Dahnil tak banyak berkomentar. Pasalnya, proses transisi dari Administrasi Umum Persatuan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, ke Asosiasi Haji sedang berlangsung.

Selain itu, terkait nasib Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), partai menyerahkan sepenuhnya pada implementasi undang-undang dan keputusan Presiden Prabowo Subianto karena masih dalam masa perubahan.

“[Kalau BPKH] kita serahkan sepenuhnya pada pelaksanaan undang-undang dan keputusan presiden nanti,” ujarnya.

Sementara operasional Pusat sebagai penyelenggara keberangkatan penumpang baru akan dimulai pada tahun 2026. Untuk pelaksanaan haji 2025M/1446H, kata Dahnil, pihaknya memberikan bantuan kepada Direktur Departemen Agama PHU karena haji 2025 sudah berjalan prosesnya.

Oleh karena itu, Organisasi Haji tidak mungkin mengambil langsung hal tersebut, tutupnya. 

Diberitakan sebelumnya, Prabowo memilih Mocha pada Selasa (22 Oktober 2024). Irfan Yusuf selaku ketua organisasi haji dan wakil ketua organisasi haji yaitu Dahnil Anzar Simanjuntak. Dengan adanya Persatuan Haji, penyelenggara perjalanan haji tidak lagi berada di bawah kendali Kementerian Agama. 

Pada tahun 2025, kata Irfan Yusuf, Kementerian Agama dan Pusat Penyelenggaraan Haji akan terus menjalin kerja sama pemberangkatan jemaah haji melalui Administrasi Haji dan Umrah. Pekerjaan Pusat sebagai penyelenggara pemberangkatan haji akan dimulai pada tahun 2026. 

“Tahun 2025 kita belum [menanggung jawab ibadah haji], kita masih bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Haji. Insya Allah Insya Allah kita akan mandiri,” ujarnya kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22 Oktober). , 2024).

Ia mengungkapkan, Presiden Prabowo berharap Penyelenggaraan Haji dapat segera memantapkan dirinya dalam sistem yang aman dan nyaman dalam pelaksanaan perjalanan haji dan umrah.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel