Bisnis.com, Jakarta – PT Federal International Finance (FIF Group), anak perusahaan PT Astra International Tbk. (ASII) menyalurkan dana sebesar Rp 34,1 triliun hingga kuartal III 2024.

Direktur Utama FIF Group Daniel Hartono mengatakan perseroan mencatatkan kinerja baik pada Januari hingga September 2024, menunjukkan peningkatan pendapatan dan arus kas.

“Dari sisi pendapatan, pendapatan kami meningkat 8,8% dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu, pada kuartal III tahun 2024 nilai ekonomi kami mencapai Rp 3,3 triliun,” jelas Daniel dari Jakarta. Jumat (25 Oktober 2024).

Ia menambahkan, nilai distribusi perseroan mencapai Rp34,1 triliun, naik 7,1% year-on-year. Peningkatan ini bertepatan dengan peningkatan jumlah saham hingga 2,4 juta lembar saham, atau 1,4% dari tahun ke tahun.

Secara spesifik, pencapaian tersebut disalurkan melalui lima lini bisnis utama perseroan: FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, FINATRA dan AMITRA.

Bagian terbesarnya adalah FIFASTRA, yang menyediakan layanan pembiayaan mobil Honda dengan tarif Rp 22,3 triliun per kuartal, atau meningkat 10,2% dibandingkan tahun lalu. Peningkatan jumlah saham saat ini sebanyak 1,3 juta, meningkat 5,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

FIF Group memberikan pembiayaan untuk sepeda motor PT Astra Honda Motor (AHM), antara lain sepeda motor Honda CUV:e dan Honda ICON:e.

Selain itu, lini bisnis SPEKTRA yang menyediakan jasa keuangan untuk barang elektronik, peralatan rumah tangga, dan perabot rumah tangga mengalami penurunan nilai keuangan sebesar 9,7% year-on-year menjadi Rp 315 miliar akibat dampak metode belanja online.

Sejak saat itu, DANASTRA yang menyediakan jasa keuangan multiguna mencatatkan peningkatan nilai pinjaman sebesar Rp 10,3 triliun pada kuartal III tahun 2024, naik 3,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Di sisi lain, jumlah sahamnya turun 2,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,04 juta lembar saham.

Di sisi lain, FINATRA yang memberikan pinjaman produksi mikro kepada usaha kecil dan menengah menjadikan persaingan dengan perbankan sebagai tujuan utamanya, mencatat penurunan pinjaman sebesar 13,5% year-on-year menjadi Rp 727 miliar.

Yang tidak boleh dilupakan adalah Bank AMITRA yang memberikan pembiayaan syariah untuk umroh dan haji tradisional mencatat peningkatan penyaluran sebesar 12,2% year-on-year menjadi Rp 416 miliar. Jumlah saham tersebut akan meningkat sebesar 4,3% (yoy) hingga putaran ketiga. Kuartal 2024.

Namun Grup FIF mencatatkan aset layanan bersih (NSA) sebesar Rp 44,9 triliun pada kuartal III 2024, naik 14,6% year-on-year.

Selain itu, perseroan membuktikan kesehatannya dengan menjaga rasio non-performing finance (NPF) sebesar 0,02% pada kuartal III 2024,” ujarnya.

Rinciannya, FIF Group merupakan sponsor platinum Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2024 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, pada 31 Oktober hingga 3 November 2024. Perseroan memperkirakan target komersial hingga Rp 6,8 miliar atau setara. IMOS 2024 akan menampilkan 300 Surat Tanda Nomor Kendaraan (SPK).

Simak berita dan artikel lainnya dari Google News dan WA Channel.