Bisnis.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi mengutarakan pandangannya terhadap sikap FIFA terkait penolakan tim Bahrain bermain di markas tim Indonesia.

Yunus Nusi menilai FIFA akan optimistis menyikapi permintaan Bahrain untuk bermain di tempat yang tak sama dengan tim Indonesia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia.

Yunus mengatakan FIFA akan menolak permintaan Bahrain karena tidak sesuai fakta.

“Kami yakin FIFA mempunyai struktur organisasi yang kuat. Saya tidak yakin FIFA akan memenuhi kebutuhan (promosi) Bahrain. Meski kami tahu Presiden AFC orang Bahrain, kami tahu tidak ada pihak yang bisa mengintervensi Jenderal PSSI.” Sekretaris Yunus Nusi kepada pers, Jumat (25/10/2024).

Alasan Yunus yakin FIFA akan menolak permintaan Bahrain karena tim sepak bola dunia akan memastikan mempelajari situasi di lapangan dengan baik sebelum mengambil keputusan.

Sejauh ini, belum ada duta besar FIFA yang dikirim ke Indonesia untuk memeriksa situasi keamanan yang menyangkut Bahrain.

Saya melihat dari pengalaman saya, jika situasi ini diterima, FIFA pasti akan datang ke Indonesia dan bertanya kepada pemerintah federal dan pemerintah apakah cukup aman, kata Yunus.

Di sisi lain, kata Yunus, Indonesia sudah menunjukkan bisa menjadi tuan rumah FIFA yakni Piala Dunia U-17 2023.

Acara yang mendapat pujian dari FIFA ini menjadi bukti bahwa situasi keamanan tidak perlu dikhawatirkan.

“FIFA melihat kami menyelenggarakan Piala Dunia U-17 tahun lalu tanpa masalah. Australia, Vietnam, dan Filipina berkunjung ke sini (di Kualifikasi Piala Dunia 2026), mereka mendapat pelayanan yang baik dan tidak terjadi hal buruk,” ujarnya.

Yunus pun berharap FIFA tidak cepat bereaksi dan menunda permainan, apapun keinginan Bahrain.

Sebelumnya diberitakan, Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) mengirimkan surat kepada AFC dan FIFA yang menyatakan menolak bermain di Indonesia karena alasan keamanan.

BFA menyebut para pemainnya mendapat beberapa ancaman dari Timnas Indonesia di media sosial.

Laga Indonesia kontra Bahrain wilayah Asia pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dijadwalkan berlangsung pada 25 Maret 2025.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel