Bisnis.com, Jakarta – Kontes Miss Grand International tinggal selangkah lagi menuju grand final. Salah satu finalis asal Indonesia, Nova Liana, pun turut serta mengikuti kompetisi bergengsi tersebut. 

Nova akan bersaing dengan puluhan perwakilan dari berbagai negara di Miss Grand, sebuah kontes kecantikan yang telah diadakan di Thailand selama lebih dari satu dekade. 

Nova Liana juga menerima dukungan terbanyak tahun ini, kedua setelah rivalnya dari Myanmar dengan 29%. 

Pada kategori National Costume, Nova Indonesia menampilkan Tanima. 

Miss Grand International merupakan salah satu ajang paling bergengsi di dunia dan daya tarik soft power kompetisi tersebut akan menjadi panggung utama kontes kecantikan dunia.  Profil Nova liana

Wanita kelahiran Sumatera Selatan 15 November 2000 ini selain cantik, juga merupakan seorang wirausaha muda. 

Lulusan Universitas Indo Global Mantri, Palembang, Noah lulus pada tahun 2023 dengan gelar Pendidikan Bahasa Inggris. Sebelum menekuni dunia modeling, ia adalah seorang guru taman kanak-kanak, guru bahasa Inggris, dan supervisor pengembangan bisnis. 

Ia kemudian memulai karirnya di dunia modeling pada tahun 2019 dan mulai mengikuti banyak kontes kecantikan sejak SMA. 

Pada tahun 2022, Nova akan melaju ke tingkat kontes yang lebih profesional dengan mengikuti ajang Puteri Indonesia mewakili provinsi Bengulu. Namun Nova gagal lolos ke 15 besar. 

Pada tahun 2024, ia kembali mengikuti kontes kecantikan tingkat regional Miss Mega Bintang Indonesia Sumatera Selatan 2024 dan memenangkan kontes tersebut serta melaju ke ajang Miss Mega Bintang Indonesia. 

Pada bulan Februari 2024, Nova Liana diumumkan sebagai pemenang ajang Miss Mega Bintang Indonesia, menjadi pemenang ajang asal Sumatera Selatan selama tiga tahun berturut-turut. 

Selain itu, dengan meraih gelar Miss Mega Bintang Indonesia, Nova berhak mewakili Indonesia di Miss Grand International 2024 di Phnom Penh, Kamboja. Namun finalnya akan digelar di Bangkok, Thailand. 

Selain fokus di berbagai kontes kecantikan, Nova juga memiliki bisnis fashion Tajrava khusus wanita. Merek tersebut telah diproduksi sejak Juni 2023 dan masih beroperasi hingga saat ini.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel