Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih asal Italia Roberto Mancini resmi diberhentikan sebagai pelatih kepala timnas Arab Saudi. Akibat pemecatan tersebut, Mancini mendapat pesangon sebesar Rp 507 miliar.

Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) resmi mengumumkan pada Kamis (24/10/2024) bahwa mereka telah mengakhiri kemitraannya dengan pelatih Italia Roberto Mancini.

Kontrak Mancini yang bertahan hingga 2027 diputus setelah penampilan buruk Green Falcons di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pembatalan kontrak berdampak pada pesangon yang diterima pelatih Italia saat menjuarai Euro 2020.

Media Saudi, Kooora, mengatakan pemecatan Mancini berarti SAFF harus merogoh kocek lebih dalam untuk menutupi uang pesangon.

“Pemecatan Mancini mengakibatkan kerugian finansial yang sangat besar bagi SAFF, yakni €30 juta [sekitar Rp 507 miliar] akibat pemutusan kontrak,” demikian bunyi artikel Kooora.

Menyusul pengumuman pemecatan Mancini, SAFF pun menyatakan akan segera mengumumkan pelatih baru timnas Saudi.

Banyak nama yang disebut-sebut sebagai calon pengganti Mancini, di antaranya Tite, Rui Vitoria, dan Herve Renard.

Ingat, ia memimpin timnas Arab Saudi di WC-2022 dan berhasil mengalahkan Argentina dengan skor 2:1.

Renard hengkang setelah Piala Dunia 2022 dan digantikan oleh pelatih sementara Saad Al Shehri.

Mancini kemudian mengambil alih jabatan pelatih kepala Arab Saudi pada 27 Agustus 2023.

Rekor Mancini di Arab Saudi sangat mengesankan. Pelatih berusia 59 tahun itu mencatatkan 7 kemenangan, 5 kali seri, dan 6 kekalahan dalam 18 pertandingan.

Mancini mendapat tekanan besar setelah mereka ditahan imbang 1-1 oleh Indonesia pada laga pembuka Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 September lalu.

Arab Saudi kemudian mengalahkan China 2-1, kalah 2-0 dari Jepang, dan bermain imbang 1-1 dengan Bahrain.

Arab Saudi selanjutnya akan memainkan 2 pertandingan di luar negeri, melawan Australia pada 14 November dan Indonesia pada 19 November.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel