Bisnis.com, JAKARTA – Influenza merupakan penyakit infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan bagian atas (hidung, mulut, tenggorokan). Secara umum, orang dewasa mungkin mengalami dua hingga empat kali pilek per tahun.

Gejala flu yang umum terjadi antara lain hidung tersumbat, bersin, batuk, sakit tenggorokan, mata berair, dan mungkin disertai demam. Pilek atau flu dapat menyebabkan sinusitis atau sinusitis.

Namun gejala tersebut juga bisa menandakan adanya infeksi sinus atau sinusitis. Secara umum, pilek dan infeksi sinus memiliki gejala yang hampir sama dan seringkali menimbulkan pertanyaan. Faktanya, penting untuk memahami apakah yang Anda alami adalah pilek atau infeksi sinus, karena keduanya mungkin memerlukan perawatan berbeda.

Mengutip dari situs Departemen Kesehatan, sinus adalah kantong di tulang tengkorak yang biasanya berisi udara. Sinusitis terjadi ketika dinding sinus meradang sehingga menghalangi drainase sinus. Lendir yang terperangkap menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi sinus.

Secara umum, seringkali sulit membedakan pilek dan sinusitis hanya berdasarkan gejalanya saja. Namun ada beberapa hal yang dapat membedakan keduanya. Mengutip beberapa sumber, berikut beberapa gejala flu dan sinus.

Gejala flu biasa:

1. Bersin2. Hidung tersumbat 3. Hidung meler 4. Sakit tenggorokan 5. Batuk

Gejala infeksi sinus meliputi:

1. Hidung meler2. Hidung tersumbat Nyeri/tekanan pada wajah3. Sakit kepala Lendir menetes ke tenggorokan atau post-nasal drop4. Sakit tenggorokan. Batuk 5. Bau mulut. (Memperkaya Samuel K.P.)

Berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel