Bisnis.com, JAKARTA – Center for Strategic and International Studies (CSIS) mengkritik keputusan pemerintah yang bergabung dengan BRICS, meski Indonesia kini menjadi anggota G20.

Direktur Eksekutif CSIS, Bapak Yose Rizal Damuri mengaku terkejut dengan keputusan pemerintah yang mengikuti keputusan tiga negara ASEAN lainnya yakni Malaysia, Vietnam, dan Thailand yang telah bergabung dalam BRICS. Ditegaskannya, posisi Indonesia berada di atas Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

“Indonesia sudah masuk tiga besar negara anggota Asean, Indonesia anggota G20, kita sangat membutuhkan platform baru untuk menunjukkan atau bersuara di dunia,” kata Yose dalam konferensi pers. di channel YouTube CSIS Indonesia, Jumat (25/10/2024).

Oleh karena itu, dia menilai pemerintah harus fokus pada G20. Bahkan, lanjutnya, Indonesia bisa memimpin negara-negara kawasan dengan membawa Asean sebagai organisasi untuk bergabung dalam G20.

“Seperti Uni Afrika misalnya, dan itu yang bisa kita upayakan ke depan, agar kita tidak masuk kelompok itu sampai sekarang kita tidak tahu tujuannya apa,” kata Yose.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Sugiono secara resmi menyampaikan keinginannya untuk bergabung dengan BRICS pada KTT BRICS Plus di Kazan, Rusia (24/10/2024). Dengan pengumuman ini, proses Indonesia untuk bergabung menjadi anggota BRICS telah dimulai.

“Bergabungnya Indonesia ke BRICS merupakan wujud kemandirian dan politik luar negeri yang efektif. Bukan berarti kita bergabung dalam satu kubu, namun kita berpartisipasi aktif di semua forum,” kata Sugiono, dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri.

Setelah itu, tujuan BRICS sejalan dengan rencana kerja Kabinet Merah Putih, khususnya ketahanan pangan dan energi, pengentasan kemiskinan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Tak hanya itu, BRICS dinilai bisa dijadikan perekat persatuan antar negara berkembang. Meski demikian, Sugiono menegaskan Indonesia akan terus mengikuti berbagai forum internasional yang melibatkan negara-negara maju.

“Kami melanjutkan partisipasi kami di forum-forum lain, serta melanjutkan diskusi dengan negara-negara maju. lanjutnya.

Sebagai informasi, BRICS merupakan organisasi ekonomi yang didirikan pada tahun 2006 dengan anggota asli Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Keanggotaannya ditingkatkan pada tahun 2023 dengan bergabungnya Etiopia, Iran, Mesir, dan Uni Emirat Arab.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel