Bisnis.com, JAKARTA – Mobil Limousine Garuda MV3 Maung produksi PT Pindad (Persero) mencuri perhatian masyarakat usai digunakan pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024.

Namun siapa sangka, perancang MV3 Garuda Limousine ternyata adalah seorang jenius jebolan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan juga mantan insinyur di pabrikan mobil global asal Amerika Serikat, General Motors. Sosok itu bernama Sigit Puji Santosa. 

Merujuk pada curriculum vitae (CV) di situs resmi ITB, Sigit lahir di Pacitan, Jawa Timur pada 19 Juli 1967. Gelar insinyur diperolehnya setelah menyelesaikan studi di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Teknik Sipil. di bidang teknik mesin pada tahun 1991 atau di tahun ke-24.

Di usianya yang ke-28, Sigit memperoleh gelar Master of Science of Mechanical Engineering (UMKM) dari salah satu universitas bergengsi dunia asal Amerika Serikat yaitu MIT pada tahun 1997. Ia kemudian memperoleh gelar PhD dari kampus yang sama pada tahun 1999.

Usai menyelesaikan gelar doktor dari MIT, Sigit langsung direkrut oleh salah satu pabrikan mobil terbesar Amerika, General Motors (GM). Dia memainkan peran penting dalam Departemen Kelayakan Uji Kecelakaan dan Keselamatan GM.

Selama berkarir di GM, Sigit mengembangkan beberapa merek mobil mewah yaitu Chevrolet Corvette C6, Corvette Z06 dan Cadillac XLR pada tahun 1999-2004.

Kemudian, beliau juga menjadi chief engineer yang mengembangkan performa Cadillac DTS, Buick Lucerne, model Chevrolet HHR pada tahun 2004-2005, serta pengembangan merek GWM lainnya selama tahun 2005-2010.

Sigit juga menjabat sebagai Global Engineering Group Manager, Global Small, Compact, Crossover, Hybrid/EREV Vehicles pada tahun 2010-2013.

Setelah 15 tahun berkarir di General Motors, Sigit kemudian kembali ke Indonesia untuk mengabdi di ITB sebagai peneliti di Pusat Teknik Industri PRI-ITB sejak tahun 2014. Ia juga mengajar di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB.

Sejumlah posisi penting pernah dijabat Sigit di ITB, yakni Ketua Satgas Pusat Perkeretaapian Nasional – NRC ITB (2016), Direktur Pusat Teknologi Transportasi Berkelanjutan Nasional (CCR-NCSTT) pada tahun 2017 dan Direktur ITB Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK-ITB) pada tahun 2018.

Sigit akhirnya direkrut untuk bergabung dengan perusahaan pertahanan milik negara, PT Pindad (Persero) untuk mengembangkan sejumlah kendaraan taktis, termasuk Limousine MV3 Maung Garuda. Sigit direkrut oleh Prabowo Subianto yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Berbekal prestasi yang diraihnya, Sigit kini diamanahkan menjabat sebagai Wakil Direktur Utama dan Direktur Teknologi dan Pengembangan pada tahun 2023 di PT Pindad hingga saat ini.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel