Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Bandung Tingkat Pertama (BTP Bandung) telah memulai pembangunan Jalan Batutulis. 

Direktur BTP Bandung, Endang Setiawan mengatakan, salah satu tujuan operasi ini adalah mengurangi jumlah jalan yang melintasi wilayah Jawa Barat.

Endang berkata: 

Endang menjelaskan, sebelum saluran tersebut beroperasi, akan disiapkan lagi jalur pemusnahan JPL10 Batutulis sepanjang lima menit, mulai 22 Oktober 2024 pukul 23.00 WIB hingga 23 Oktober 2024 pukul 03.00 WIB. 

Setelah itu, 2 jalur tersebut akan berfungsi normal. Pada tanggal 24 Oktober 2024, pekerjaan pemeliharaan akan dimulai pada pukul 11.00 WIB hingga selesai.

Ia menambahkan, uji operasional telah dilakukan bersama Pemerintah Kota Bogor, Dinas PUPR, dan Dinas Perhubungan Kota Bogor, dan uji kelayakan kinerja terowongan akan dilakukan bersamaan dengan kinerja terowongan Batutulis.

Endang meminta masyarakat yang melewati Jalan Raya Batutulis dan Jalan Saleh Danasasmita berhati-hati saat melewati kanal Batutulis untuk mengurangi kecelakaan. 

Pembangunan pipa sepanjang 320m ini bertujuan mengurangi kemacetan di jalan raya dan dekat stasiun Batutulis.

Selain jalur, DJKA melalui BTP Bandung juga merencanakan Stasiun Batutulis, termasuk tata letak, pengembangan stasiun, dan perluasan penumpang. Endang yakin program ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan penumpang.

Ia menambahkan: “Dengan adanya renovasi Stasiun Batutulis, kami berharap kualitas pelayanan penumpang kereta api dapat ditingkatkan.”

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan Jaringan WA