Bisnis.com, Jakarta – Instagram menjadi salah satu media sosial favorit yang digunakan masyarakat di seluruh dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

Berdasarkan laporan We Are Social dan Meltwater, jumlah pengguna Instagram global pada April 2024 diperkirakan mencapai 1,69 miliar. Jumlah ini meningkat 4,1% dibandingkan 1,63 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Untuk kasus Indonesia, menurut laporan Napoleon Cat, akan ada sekitar 90,18 juta pengguna Instagram di Indonesia pada Juli 2024.

Karena banyaknya pengguna Instagram di dunia, bukan tidak mungkin akun tak dikenal atau orang asing bisa mem-follow Anda di Instagram.

Tentu saja, beberapa pengguna Instagram mungkin merasa tidak nyaman jika ada orang asing yang melihat atau memperhatikan postingan Instagram mereka.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Instagram memiliki fitur akun pribadi yang memungkinkan akun Instagram Anda hanya dapat dilihat oleh pengikut atau teman Anda, lapor The Verge, Kamis (24 Oktober 2024). Cara mengaktifkan fitur privasi akun di Instagram: Jika Anda menggunakan aplikasi seluler iOS atau Android, ketuk ikon profil Anda di pojok kanan bawah, lalu pilih ikon titik tiga garis di pojok kanan atas. Jika Anda menggunakan aplikasi web, cari ikon hamburger di kiri bawah. Di Android, gulir ke bawah dan pilih Perlindungan akun. Di iOS, pilih Pengaturan > Perlindungan Akun. Di aplikasi web, Anda akan melihat Perlindungan Akun di kolom Pengaturan di sebelah kiri. Mengaktifkan akun Anda menjadi pribadi Cara mengurangi jumlah pengikut di Instagram: Pilih ikon pribadi dan buka profil Anda. Pilih kata “Pengikut” di sebelah kanan gambar profil Anda. Ketuk atau klik tombol hapus di sebelah pengikut yang ingin Anda hapus.​

Setelah Anda melakukan hal di atas, Anda akan menerima pesan yang mengonfirmasi penghapusan dan mengonfirmasi bahwa pengikut Anda tidak akan diberi tahu tentang penghapusan tersebut.

Jika Anda ingin menghindari masalah dengan aplikasi meta lain seperti Facebook dan Threads, atau menambahkan fitur keamanan lain seperti autentikasi dua faktor, Anda juga dapat mengeklik tautan Pusat Akun di Pengaturan.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel