Bisnis.com, JAKARTA – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan produk terbarunya All New Santa Fe yang dirakit secara lokal di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. 

Presiden Direktur Hyundai Motors Indonesia Ju Hun Lee mengatakan, untuk produk di pabrik Hyundai di Cikarang, produksinya 80% ekspor, dan 20% untuk pasar dalam negeri.

“Kalau Santa Fe baru pertama kali kita keluarkan untuk diluncurkan di Indonesia, nanti kalau sudah maksimal volume di pabriknya, kita juga akan mempertimbangkan untuk mengekspor Santa Fe,” kata Ju Hun Lee saat peluncuran Santa Fe, Kamis (24/10/2024).

Selain itu, kata dia, selama ini negara tujuan ekspor Hyundai adalah Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan. Meski demikian, Hyundai akan terus melakukan kajian terkait negara tujuan ekspor mana saja yang berhak mendapatkan All New Santa Fe.

“Tapi untuk Santa Fe, kami masih menjajaki negara mana yang bisa kami ekspor. Jadi untuk saat ini kami ingin fokus penjualan di pasar dalam negeri dulu,” jelasnya.

Mengutip data Gabungan Industri Mobil Indonesia (Gakindo), PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mencatatkan kinerja ekspor sebesar 7.270 unit pada September 2024. Angka tersebut naik 53,2% year-on-year dibandingkan 4.744 unit pada September 2023.

Sedangkan pada 9 bulan pertama tahun 2024, ekspor HMMI tercatat sebanyak 49.127 unit atau meningkat 22% dibandingkan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 40.262 unit.

Diketahui, Hyundai Santa Fe diluncurkan dalam dua varian yakni Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Internal Combustion Engine (ICE). Menurut Ju Hun Lee, Hyundai Santa Fe mampu mencapai dua tipe berkendara, yakni dalam kota dan juga off-road. Spesifikasi All New Hyundai Santa Fe

Melihat spesifikasi singkatnya, All New Santa Fe didesain dengan desain lebih tangguh dan performa lebih bertenaga dibandingkan generasi sebelumnya. 

Untuk dapur pacu hybridnya didukung mesin turbo hybrid 1.6 T-GDI HEV, sedangkan opsi mesin pembakaran internal (ICE) bermesin bensin 2.5L GDI.

Dengan mesin tersebut, mesin hybrid Santa Fe disebut mampu menghasilkan tenaga maksimal 172 kW atau 235 PS per 5.600 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya 367 Nm per 1000-4000 rpm.

Manajemen Hyundai menyebut dengan performa mesin yang memberikan tenaga maksimal dan torsi besar, Santa Fe terbaru memberikan pengalaman berkendara yang unggul. 

Selain itu, All New Santa Fe juga hadir dengan fitur keselamatan aktif Hyundai Smartsense untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Dari segi dimensi, Santa Fe Hybrid memiliki panjang 4.830mm, lebar 1.900mm, dan tinggi 1.770mm. Sementara jarak sumbu rodanya 2.815 mm.

Sedangkan harga Hyundai Santa Fe mulai Rp 699 juta untuk tipe terendah versi bensin, sedangkan tipe tertinggi versi hybrid dipatok Rp 869,6 juta.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel