Bisnis.com, JAKARTA – Peremajaan kulit tidak hanya dilakukan dari luar seperti penggunaan tabir surya, krim dan lain sebagainya, tetapi juga membutuhkan perawatan dari dalam.

Beberapa makanan dan minuman mengandung antioksidan yang dapat membuat kulit bersinar.

Menurut Health.com, nutrisi tertentu, seperti selenium, seng, lemak omega-3, dan vitamin A, C, dan E, membantu melindungi kulit dari dehidrasi, hilangnya elastisitas, serta kerusakan oksidatif dan sinar matahari.

Konsumsi makanan kaya nutrisi secara teratur yang dikenal dapat mendukung dan melindungi kulit dapat membantu menunda tanda-tanda penuaan, mengurangi risiko kondisi terkait kulit, serta meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Berikut 10 makanan untuk kesehatan kulit 1. Stroberi

Stroberi kaya akan zat yang meningkatkan kesehatan kulit, seperti vitamin C, antosianin, asam fenolik, dan flavonoid. Vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit, karena melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif dan penting untuk produksi kolagen, protein utama dalam tubuh yang membentuk 75% berat kering kulit Anda.

Kulit manusia mengakumulasi vitamin C, hingga 64 miligram (mg) vitamin C per 100 gram epidermis, atau lapisan luar kulit. Selain stroberi, sumber vitamin C yang sangat baik, dengan secangkir irisan stroberi menyediakan 97,6 mg atau 108% dari nilai harian, cukup untuk kebutuhan vitamin C manusia. 2.Kimchi

Usus yang tidak sehat sangat mempengaruhi munculnya jerawat, psoriasis dan kesehatan kulit. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya bakteri baik disebut juga probiotik, dan serat yang membantu mikroorganisme.

Salah satu makanan yang kaya akan bakteri baik adalah Kimchi, yaitu sejenis makanan fermentasi yang terbuat dari sawi putih dan bahan lain seperti bawang bombay, lobak, wortel, dan mentimun. Kimchi kaya akan probiotik dan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan kulit yang optimal, termasuk provitamin A dan vitamin C. 3. merah oranye

Jeruk merah merupakan salah satu jenis jeruk berdaging merah yang kaya akan nutrisi. Warna darah orange ruby ​​​​berasal dari senyawa antioksidan kuat bernama anthocyanin yang dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

Antosianin memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, yang bisa sangat bermanfaat bagi penderita kelainan kulit inflamasi, seperti jerawat. Jeruk darah juga kaya akan vitamin C, yang penting untuk produksi kolagen dan membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV. 4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari kaya akan protein dan nutrisi pembentuk kulit yang penting untuk penyembuhan luka dan pembentukan sel kulit baru. Ia juga kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan kuat dalam tubuh.

Vitamin E berperan penting dalam kesehatan kulit karena melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mengatur peradangan dan berpartisipasi dalam sintesis protein kolagen dan elastin yang membantu kulit meregang dan menjaga penampilan awet muda.

Satu ons biji bunga matahari mengandung 49% DV untuk vitamin E. Biji bunga matahari juga kaya akan selenium dan zinc, mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. 5. Kaldu Tulang

Untuk membuat kaldu tulang, tulang hewan kaya kolagen direbus dalam waktu lama, biasanya lebih dari delapan jam, sehingga menghasilkan cairan yang terkonsentrasi pada nutrisi pendukung kesehatan kulit, seperti agar-agar.

Gelatin adalah zat turunan kolagen yang kaya akan asam amino glisin, prolin, dan lisin, yang penting untuk sintesis kolagen. Menyeruput secangkir kaldu tulang dapat membantu menghidrasi Anda dan memberi kulit Anda asam amino yang dibutuhkan untuk memperbaiki dan meregenerasi sel-selnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan VA Channel