Bisnis.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 3 proyek jalan tol yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) akan selesai tahun ini.

Sekretaris Utama (Sezen) Kementerian PUPR Zainal Fattah mengatakan, ada 3 proyek jalan tol yang masuk dalam 28 PSN yang sedang dipercepat untuk selesai pada tahun ini.

“Kita sedang melaksanakan 116 proyek strategis nasional, targetnya tahun ini bisa selesai 28 proyek lagi,” jelasnya dalam agenda Rapat Aksi Nasional: Penyelesaian Cepat dan Kajian Awal PSN, Selasa (15/5/2024).

Sementara itu, 3 ruas tol PSN ditargetkan selesai pada tahun ini, 2 diantaranya merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Sumatera (JTTS), dan 1 sisanya merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Jawa.

Detail Kiseran-Tewing Tinggi yang saat ini progres fisiknya sudah 100% dan pembebasan lahan sudah selesai. 

Kedua, pembebasan lahan dan pembangunan fisik Tol Simangis-Sibitung sudah mencapai 98,47 persen. 

Sementara Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian tol Cimanggis – Cibitung pada Semester I/2024.

Ketiga, tepatnya ruas Tol Sigli – Banda Aceh ini ditargetkan selesai pada paruh kedua tahun 2024. Begitu pula dengan progres konstruksi sebesar 90,97 persen dan pembebasan lahan sebesar 87,73 persen.

“Untuk meningkatkan konektivitas dan menekan biaya logistik, PUPR juga telah menyelesaikan pembangunan jalan tol PSN sepanjang 1.500 km dari 27 proyek tol yang dilaksanakan melalui skema KPBU,” tutup Zainal.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA