Bisnis.com, MEDAN – Divisi Regional PT KAI (Persero) (Divre) I Sumut telah menerapkan face recognition atau verifikasi identitas resmi melalui pemindaian wajah saat menaiki pesawat di stasiun Medan. Dengan adanya praktik ini, penumpang di Stasiun Medan tidak perlu lagi mencetak tiket untuk masuk ke area boarding.

Manajer Humas Divre I KAI Sumut Anwar Solikhin mengatakan, teknologi pengenalan wajah boarding gate akan resmi digunakan di Stasiun Medan mulai 14 September 2024. Layanan ini merupakan yang pertama kali di stasiun di wilayah Pulau Sumatera.

Anwar mengatakan, penerapan teknologi pintu panel pengenalan wajah yang dilakukan PT KAI merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mengintegrasikan teknologi ramah lingkungan di seluruh aspek operasionalnya. Dengan sistem ini, KAI secara otomatis akan mengurangi penggunaan tiket fisik kertas yang diperlukan penumpang untuk memasuki area boarding.

“Dengan mengurangi penggunaan tiket kertas, KAI Divre I Sumut berkontribusi dalam upaya pengurangan sampah dan mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs, khususnya terkait pengelolaan sumber daya berkelanjutan),” kata Anwer dalam keterangan tertulis, Rabu. (23/10/2024)

Dengan adanya praktik ini, penumpang KA dari Stasiun Medan tidak perlu lagi mencetak tiket. Sebaliknya, mereka yang memesan tiket kereta api cukup memindai wajahnya di pintu keberangkatan stasiun. Hasil pelacakan akan otomatis terhubung dengan informasi tiket elektronik yang sudah dimiliki penumpang.

Sejak pembukaan pada 14 September hingga 21 Oktober 2024, KAI Divre I Sumut mencatat ada 5.888 penumpang yang menggunakan teknologi Face ID di Stasiun Medan.

Pak Anwar mengungkapkan pihaknya berencana memperluas penggunaan sistem ini ke stasiun lain juga. Ia menambahkan “agar konsumen dapat merasakan manfaat dan mendukung perlindungan lingkungan.”

Ia juga mengatakan KAI Divre I Sumut terus mengajak pelanggan untuk berlatih menggunakan teknologi ini guna mempercepat proses boarding dan mengurangi penggunaan tiket kertas.

Untuk dapat dikenali oleh sistem pemindaian wajah di boarding gate, penumpang harus melakukan registrasi terlebih dahulu di Terminal Medan setelah membeli tiket atau menggunakan aplikasi Access KAI. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel