Bisnis.com, Jakarta — Perusahaan keuangan PT Mandala Multifinance Tbk. (MFIN) atau Mandala Finance menyambut baik keputusan Bank Indonesia (BI) yang memperpanjang kebijakan uang muka ekstrim 0%. 

CEO Mandala Finance Crystal Lesmana mengungkapkan, pihaknya melihat kebijakan BI merupakan langkah positif untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah tantangan perekonomian saat ini. 

Mandala menyambut baik kebijakan ini karena dapat berdampak positif pada sektor keuangan, khususnya pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor, kata Crystal kepada Bisnis.com, Rabu (23/10/2024). 

Namun untuk melaksanakan langkah tersebut, Crystal mengungkapkan Mandala Finance memutuskan untuk menyesuaikan kebijakan perusahaannya dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian dan peraturan yang berlaku. 

Selain itu, Mandala Finance juga memahami bahwa keputusan pembiayaan pelanggan didasarkan pada berbagai faktor, seperti suku bunga, jangka waktu pembiayaan, dan kemudahan layanan. 

“Kami terus memantau tren pasar dan preferensi pelanggan untuk memastikan kami dapat meningkatkan layanan kami,” ujarnya. 

Crystal mengatakan, dalam upaya mengurangi risiko eksposur kredit macet, Mandala Finance menjaga tingkat cadangan optimal, lebih selektif dalam alokasi pendanaan, secara berkala memantau dan menerapkan tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang efektif.

Selama ini pembiayaan Mandala masih didominasi oleh pembiayaan konsumen seperti sepeda motor baru dan bekas, serta pembiayaan multiguna untuk berbagai kebutuhan, salah satunya sektor manufaktur usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pada tahun 2024, total dukungan keuangan Mandala Finance meningkat sebesar 18% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel