Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar optimistis pembangunan infrastruktur utama Pusat Nasional Kepulauan (IKN) Panjaitan tahap I sebagian bisa dimulai pada Agustus 2024. .

Luhut mengatakan, secara keseluruhan pembangunan proyek IKN tahap pertama hampir selesai. Diakuinya, pihaknya telah melakukan pembahasan mengenai sejumlah proyek yang dianggap masih berjalan.

“Jadi kami bersama PUPR [Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat] dan tim terkait sudah mengkaji, mungkin masih ada permasalahan yang belum terselesaikan dan sedang kita bahas berbagai permasalahan teknisnya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (7. ) / 5/2024).

Secara khusus, pembangunan jalan merupakan salah satu bidang yang telah mencapai keberhasilan yang signifikan. Dengan hampir selesainya beberapa proyek, pemerintah optimistis perayaan HUT RI ke-79 IKN akan berjalan lancar. 

“Selama ini saya lihat tolnya hampir selesai, sebenarnya masih ada beberapa jalan yang kurang bagus, tapi ini kendala prosesnya dan saya kira Agustus bisa selesai 80%,” dia dikatakan. telah bergabung.

Tak hanya jalan tol, sarana prasarana seperti Bandara VVIP juga ditargetkan bisa mendarat dan menerima tiga pesawat pada 17 Agustus 2024. Namun Bandara VVIP akan selesai pada tahun 2025.

Makanya kita harapkan upacaranya bisa dilaksanakan di sini [di IKN] pada 17 Agustus nanti,” pungkas Luhut.

Hari ini, Luhut mengunjungi IKN dan meninjau beberapa capaian pembangunan infrastruktur. Sementara itu, lokasi yang diperiksa Luhut antara lain Jalan Tol Akses IKN Seksi 5A, Dermaga Logistik IKN, Bandara VVIP IKN, Istana Negara, Lapangan Upacara, Lapangan Upacara, dan Kementerian Koordinator. 

Selain melakukan peninjauan, Luhut juga melakukan pertemuan dengan Menteri PUPR Basuki Khadimuljono mengenai arah pengembangan IKN ke depan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA