Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus saudara laki-laki Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo mengatakan, Prabowo akan melakukan penilaian terhadap menteri dan wakil menteri setiap enam bulan sekali.

Hal itu disampaikan Hasyim menanggapi serangkaian komentar yang diterimanya dari Prabowo Subianto dan Gibran Rakabum soal kabinet gemuk di pemerintahan Raka.

Diketahui, Prabowo melantik 48 menteri dan 56 wakil menteri di Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Oleh karena itu, Hashim menjelaskan, Prabowo akan dites setiap enam bulan sekali, paling lambat April 2025.

Dan saya dengar setelah 6 bulan, Maret tahun depan, April tahun depan, setiap menteri dan wakil menteri akan dites, kata Hashim di Kadin Indonesia, Jakarta, Rabu (23/10/2024). .

Hashim mengatakan, jika terbukti para pembantu Prabovo melakukan penipuan, termasuk korupsi, atau gagal, maka akan dilakukan penyelidikan.

Oleh karena itu, dalam 6 bulan pertama dinilai ketenangan, ketidakaktifan, kecacatan atau kelemahan, kelelahan atau impotensi, dan [Prabowo] adalah orang yang gigih, katanya.

Berikut daftar lengkap 48 Kementerian Merah Putih:

1. Departemen Penghubung Bidang Politik dan Keamanan2. ⁠Koordinasi Departemen Hukum, Hak Asasi Manusia, Imigrasi dan Bea Cukai3. Departemen Koordinasi Perekonomian4. Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan5. Koordinasi Departemen Prasarana dan Pembangunan Daerah6. Kementerian Koordinator Pembangunan Sosial 7. Koordinasi Kementerian Pangan 8. Kementerian Sekretariat Negara 9. Kementerian Dalam Negeri 10. Kementerian Luar Negeri 11. Kementerian Pertahanan 12. Kementerian Agama 13. Kementerian Perundang-undangan 14. Kementerian Hak Asasi Manusia 15. Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan 16. Kementerian Keuangan 17. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah 18. Kementerian Pendidikan Tinggi, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 19. Kementerian Kebudayaan 20. Kementerian Kesehatan 21. Kementerian Sosial 22. Kementerian Tenaga Kerja 23. Kementerian Perlindungan Pekerja Migran RI/Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia24. Kementerian Perindustrian 25. Kementerian Perdagangan 26. Kementerian Energi dan Mineral 27. Kementerian Pekerjaan Umum 28. Kementerian Perumahan dan Cipta Karya 29. Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tertinggal 30. Kementerian Perhubungan 31. Kementerian Perhubungan 32. Kementerian Komunikasi dan Teknologi Digital 33. Kementerian Pertanian 34. Kementerian Kehutanan 35. Kementerian Kelautan dan Perikanan 36. Kementerian Pertanian dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional 37. ⁠Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Pusat Perencanaan Pembangunan Nasional38. ⁠Kementerian Pengembangan Sumber Daya Negara dan Reformasi Negara39. Departemen Badan Usaha Milik Negara40. Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga/Pusat Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional41. ⁠Departemen Lingkungan Hidup/Unit Pengendalian Lingkungan42. ⁠Departemen Investasi dan Pencairan/Koordinasi Investasi43. Departemen Koperasi 44. Departemen Usaha Kecil, Kecil dan Menengah 45. Departemen Pariwisata 46. Departemen Seni Ekonomi/Badan Ekonomi Kreatif 47. Departemen Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 48. Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel