Bisnis.com, Jakarta – Perusahaan Keuangan PT Mandala Multifinance Tbk. (MFIN) atau Mandala Finance menyambut baik langkah Bank Indonesia (BI) yang memperpanjang kebijakan intensif uang muka (DP) 0%. 

Direktur Utama Mandla Finance Christelle Lesmana mengatakan pihaknya melihat kebijakan BI sebagai langkah positif untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tengah tantangan perekonomian saat ini. 

Mandala menyambut baik kebijakan ini karena dapat memberikan dampak positif bagi sektor keuangan, khususnya peningkatan penjualan mobil, kata Kristel kepada Bisnis.com, Rabu (23/10/2024). 

Namun untuk melaksanakan langkah tersebut, Christel mengungkapkan Mandala Finance memutuskan untuk menyesuaikan kebijakan perusahaan dengan prinsip kehati-hatian dan peraturan yang berlaku. 

Selain itu, Mandala Finance juga memahami bahwa keputusan pembiayaan konsumen didasarkan pada berbagai faktor antara lain suku bunga, syarat pembiayaan, dan kemudahan akses layanan. 

“Kami akan terus memantau tren pasar dan preferensi konsumen untuk memastikan layanan kami tetap yang terbaik,” ujarnya. 

Dalam upaya meminimalisir risiko kredit macet, Kristel mengatakan, Mandala Finance telah menerapkan berbagai strategi dengan menjaga tingkat cadangan tetap optimal, lebih selektif dalam alokasi pendanaan, pemantauan berkala, tata kelola perusahaan yang baik, dan penerapan manajemen risiko yang efektif.

Saat ini pembiayaan Mandla masih didominasi oleh pembiayaan konsumen seperti sepeda motor baru dan bekas, serta pembiayaan multiguna untuk berbagai kebutuhan, salah satunya modal kerja sektor manufaktur usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hingga September 2024, total pembiayaan yang disalurkan Mandala Finance meningkat 18% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA