Bisnis.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero) kembali menyelenggarakan pameran dagang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), The Small and Medium Enterprises Expo (SMEXPO) 2024 mulai 22 Oktober 2024 hingga 27 Oktober 2024. Dibuat kuota di Casablanca Mall.

Acara ini tidak hanya menampilkan berbagai produk unggulan usaha kecil, menengah, dan mikro, namun juga menjadi wadah edukasi bagi para pelaku usaha kecil, menengah, dan mikro. Hari ini, Rabu (23 Oktober 2024), para pelaku UMKM akan mendapatkan alat pemasaran digital.

Yoga Pratama, Junior Associate Corporate Social Responsibility dan SME PP Management PT Kilang Pertamina Internasional, mengatakan digital marketing merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki para pelaku UMKM.

Sebuah inovasi dimana UMKM dapat memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk memasarkan produknya.

Misalnya dengan menggunakan GPT chat, bapak dan ibu bisa mengetik untuk membuat headline tentang suatu produk keripik kentang pedas, kemudian headline tersebut diorganisir atau diperdagangkan dengan kecerdasan buatan, ujarnya di Pertamina SMEXPO, Rabu. Pada acara (23/10/2024).

Elemen lain yang perlu diperhatikan adalah waktu peluncuran produk di media sosial. Ia mengatakan, ada tiga periode utama yang bisa dijadikan acuan bagi usaha kecil, menengah, dan mikro dalam memasarkan produknya.

Antara lain pukul 07.00 WIB, 12.00 WIB, dan 18.00 WIB Meski demikian, Yogi mengatakan jam tersebut tetap bisa berjalan dinamis. Oleh karena itu, usaha kecil, menengah, dan mikro tetap perlu melakukan analisis data secara berkala untuk menemukan periode-periode strategis yang peluangnya besar.

Terakhir, UMKM harus memperhatikan tag saat menjual produk di media sosial. Kehadiran hashtag akan mendorong pemberitaan siaran di banyak kelompok.

“Jadi hashtag ini tetap saya sertakan karena bisa dilakukan jika menggunakan hashtag, misalnya saya ingin keripik singkong, jika tidak menggunakan hashtag saat upload produk, otomatis tidak akan mendominasi pencarian. Jika ada hashtag, orang akan diarahkan ke hashtag yang sesuai,” tegasnya.

Selain itu, para pelaku UMKM juga diedukasi cara menjual produknya melalui fitur live streaming. Hal ini untuk meningkatkan peluang menarik lebih banyak perhatian terhadap produk dari calon pembeli.

Sekadar informasi, Pertamina SMEXPO melibatkan 43 UMKM binaan Pertamina di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri UMKM Maman Abdur Rahman mengapresiasi upaya ajang Pertamina SMEXPO 2024 dalam memberdayakan pengembangan industri mikro, kecil, dan menengah.

Vice President Corporate Communications Pertamina Fadjar Joko Santoso menambahkan, total omzet Pertamina SMEXPO 2024 bisa mencapai Rp 15 miliar.

Ia mengatakan, target omset penjualan usaha kecil dan mikro mencapai Rp 14,9 miliar di SMEXPO 2023.

Oleh karena itu, kami perkirakan transaksi ini akan melebihi Rp 14,9 miliar dibandingkan tahun lalu, kata Fadjar.

Sementara itu, pameran ritel selama enam hari di Mall Kota Casablanca Jakarta akan menampilkan ratusan produk UMKM, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan. Sepanjang acara, pengunjung tidak hanya dapat menikmati beragam produk lokal berkualitas, tetapi juga promosi menarik, diskon, dan berbagai aktivitas menarik.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel