Bisnis.com, Jakarta – Permasalahan kesehatan di suatu negara tidak hanya menjadi perhatian masyarakatnya saja, melainkan seluruh dunia. 

Seperti halnya Covid-19, suatu penyakit yang menyebar di satu negara justru bisa menyebar ke seluruh dunia dan menjadi pandemi. 

Sementara itu, penyebab permasalahan ini beragam, antara lain kemiskinan, sistem layanan kesehatan yang tidak memadai, kebiasaan hidup yang buruk dan tidak sehat, serta konteks politik yang tidak stabil. 

Mengutip Survei Populasi Dunia, berikut beberapa negara paling tidak sehat di dunia, yang masyarakatnya menghadapi banyak masalah kesehatan masyarakat:

1. Afganistan

Afghanistan mempunyai daftar panjang masalah kesehatan masyarakat yang serius. Malnutrisi yang meluas merupakan salah satu masalah terbesar, terutama yang menimpa anak-anak di bawah usia lima tahun. Faktor lain seperti kemiskinan, bencana alam dan kebiasaan makan yang tidak sehat juga mempengaruhi pola makan dan kesehatan masyarakat secara umum. 

Selain itu, konflik antar negara yang berkepanjangan juga memperburuk masalah kurangnya akses terhadap layanan kesehatan dan nutrisi yang tepat.

2. Nigeria

Di Nigeria, angka malnutrisi tinggi akibat praktik gizi dan sanitasi yang buruk serta terbatasnya layanan kesehatan, dengan 5 dari 10 anak balita menderita malnutrisi. 

Selain malnutrisi, negara ini juga menghadapi masalah kesehatan masyarakat serius lainnya yaitu malaria yang menyerang jutaan orang dan merupakan penyebab kematian utama di negara tersebut.

3. Angola

Pelayanan kesehatan yang tidak memadai, ketidakstabilan politik dan kemiskinan yang meluas merupakan penyebab utama permasalahan kesehatan di Angola. Dengan tingkat prevalensi yang tinggi, malaria merupakan penyebab kematian utama di negara ini. 

Negara ini adalah salah satu tempat paling tidak sehat di dunia, karena banyak warga Angola tidak memiliki akses terhadap layanan kesehatan dasar sekalipun.

4.Liberia

Di Liberia, fasilitas kesehatan kekurangan sumber daya, sehingga menambah tantangan kesehatan masyarakat. 

Malaria adalah penyebab utama kematian pada pasien rawat inap dan penyebab utama kunjungan rawat jalan. 

Sistem kesehatan di negara ini mengalami kekurangan infrastruktur dan pasokan medis, sehingga menghambat kemampuannya untuk memberikan layanan yang memadai.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel