Bisnis.com, Jakarta – Google baru-baru ini mengumumkan Android 15 yang akan dirilis ke publik pada 15 Oktober 2024.

Sedangkan Android menjadi salah satu software favorit. Banyak merek terkenal seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo dll. mereka masih menggunakan Android untuk bekerja. 

Pada versi ini, Google telah mengembangkan fitur Private Space baru dan alat anti maling. Namun, ada banyak fitur baru yang belum diketahui orang lain.

Laporan Android Police per Rabu (23/10/2024), Android 15 memiliki 6 fitur tersembunyi. Fitur-fiturnya antara lain: 1. Kontrol kapan Bluetooth aktif kembali secara otomatis

Untuk saat ini, tombol Bluetooth di Android berfungsi seperti yang diharapkan. Tombol ini menghidupkan atau mematikan Bluetooth. 

Namun, Android 15 mengubah perilaku ini. Sekarang, saat Anda mematikan Bluetooth, Bluetooth akan aktif secara otomatis keesokan harinya.

Jika Anda ingin mengontrol Bluetooth lagi, Anda dapat menyesuaikan pengaturan berikut: Buka Pengaturan Pilih perangkat yang terhubung. Ketuk Pengaturan koneksi. Pilih Bluetooth. Nonaktifkan tombol auto-on besok. 2.Meningkatkan visibilitas layar dengan kontras warna yang lebih baik

Meskipun tema Android Material U sangat mengesankan, namun menyulitkan untuk melihat elemen dalam mode gelap. 

Dengan Android 15, opsi kontras ini tersedia, memungkinkan Anda menyesuaikan kontras layar untuk visibilitas yang lebih baik. Untuk mengubah pengaturan kontras: Buka Pengaturan. Pilih Tampilan & Sentuh. Tekan Kontras Warna. Pilih tingkat kontras yang paling cocok untuk Anda. 3. Android 15 bisa menjadi webcam berkualitas tinggi

Android 14 memungkinkan Anda menggunakan ponsel Android sebagai webcam untuk panggilan video, Android 15 semakin meningkatkan fitur ini. 

Google meningkatkan fungsionalitas webcam USB dengan memperkenalkan mode baru berkualitas tinggi yang menyediakan video jernih dan tajam melalui koneksi kabel. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut: Hubungkan ponsel Anda ke laptop atau komputer melalui sambungan kabel. Ketuk notifikasi USB di bilah notifikasi.  Pilih Gunakan USB untuk webcam. Tekan tombol HK di pojok kiri atas untuk mengaktifkan mode webcam kualitas tinggi. 4. Aplikasi dapat disematkan dan diduplikasi

Meskipun sebagian besar perangkat Android menawarkan mode layar terpisah untuk multitasking, Android 15 meningkatkan fungsi ini dengan menyimpan pasangan aplikasi. 

Anda sekarang dapat meluncurkan dua aplikasi dalam mode layar terpisah dengan satu ketukan. Mode ini ideal untuk menggunakan aplikasi pencatatan dan aplikasi tertentu seperti YouTube secara bersamaan saat belajar. Caranya: Buka dua aplikasi dalam mode layar terpisah dengan mengetuk ikon aplikasi dan memilih Layar Terpisah. Buka menu aplikasi terkini dan ketuk ikon aplikasi. Pilih Simpan Pemasangan Aplikasi. Ini membuat pintasan di layar beranda, memungkinkan Anda meluncurkan dua aplikasi dalam mode layar terpisah dengan satu ketukan. Menampilkan kontrol rumah saat mengisi daya atau di stasiun pangkalan 5. Dapat mengontrol dan memantau perangkat rumah

Sebagian besar dari kita tetap menggunakan screensaver bawaan Android, seperti Always On Display, yang menampilkan jam dan notifikasi. Namun, fitur tersembunyi di Android 15 adalah mode screensaver Kontrol Rumah, yang berguna untuk perangkat layar besar seperti tablet Google Pixel.

Anda dapat menggunakan mode ini untuk melihat dan mengontrol perangkat rumah pintar Anda dan melihat umpan kamera langsung dari kamera keamanan yang kompatibel saat perangkat dicolokkan atau diisi dayanya. Berikut cara mengaturnya: Buka Pengaturan dan pilih Tampilan & Sentuh. Ketuk Penghemat layar. Mulai gunakan screen saver, lalu pilih Kontrol Rumah. Saat Anda mencolokkan atau mengisi daya perangkat Anda, kontrol rumah pintar yang didukung akan ditampilkan. 6. Sembunyikan nama perangkat Wi-Fi dari jaringan Wi-Fi

Android 15 memperkenalkan beberapa fitur keamanan, termasuk fitur yang kurang dikenal yang menyembunyikan nama perangkat Anda di jaringan Wi-Fi. Fitur ini berguna saat menghubungkan ke Wi-Fi publik di kedai kopi, bandara, stadion, atau tempat lainnya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan pengaturan privasi ini: Buka Pengaturan. Pilih Jaringan & Internet, lalu ketuk Internet. Ketuk ikon roda gigi di sebelah jaringan yang terhubung. Pilih privasi. Matikan tombol Kirim nama perangkat. Secara opsional, gunakan MAC acak untuk privasi yang lebih baik di jaringan tersebut.

Lihat Google Berita dan berita serta artikel lainnya di saluran VA