Bisnis.com, JAKARTA – Presiden ketujuh RI, Joko Widodo (Jokowi) memberikan komentar kepada sejumlah menteri, Kapolri, dan Ketua OIKN terkait penghentian trem mandiri di ibu kota kepulauan tersebut. IKN) sebelum meninggalkan kantor.

Hal ini berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Dukungan Cepat Uji Coba dan Implementasi (Proof of Concept) Kereta Api Otonom di Ibu Kota Kepulauan yang ditandatangani Jokowi pada 18 Oktober 2024 atau. dua hari sebelum dia meninggalkan takhta. .

Pejabat pemerintah lain yang ditunjuk untuk mendukung proyek trem otomatis IKN adalah Menteri Perhubungan, Menteri Tenaga Kerja dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Keuangan (menkeu), Menteri Perhubungan dan Informatika (menkominfo), Kepala OIKN , dan kepala polisi.

Pada saat yang sama, pegawai negeri disarankan untuk mengambil tindakan yang sistematis dan terpadu sehubungan dengan tugas, tanggung jawab, dan wewenangnya untuk memberikan bantuan segera dalam mencoba dan bekerja, melaksanakan tugas operasional, dan melaksanakan desain, pembangunan, dan pemeliharaan fasilitas. 

Secara khusus, Menteri Perhubungan (Menhub) bertugas menyiapkan persyaratan teknis dan rencana untuk mendukung pembuktian konsep, melihat kelayakan teknis pembangunan dan penggunaan trem otomatis, serta melakukan pengujian dan sertifikasi bangunan dan fasilitas trem otomatis. .

Selain itu, Menteri PUPR juga bertugas menyusun rencana desain atau rencana teknis desain jalan; dan menyediakan dukungan infrastruktur, termasuk permukaan jalan dan halte bus.

Peran Menteri Keuangan adalah memfasilitasi keluar masuknya trem swasta dari dan menuju kawasan tol IKN.

Menteri Perhubungan dan Informatika mempunyai tugas memberikan dukungan perizinan penyelenggaraan teknologi komunikasi elektronik untuk melakukan uji coba dan penyelenggaraan trem mandiri di IKN; dan memastikan ketersediaan frekuensi untuk pengujian seluler dan kinerja trem otonom.

Kemudian, Ketua OIKN diberi tugas menyelenggarakan uji coba dan demonstrasi buku-buku otonom dengan mempertimbangkan kualitas penyelenggaraan menteri yang bertanggung jawab di bidang transportasi.

Ketua OIKN juga bertugas melakukan evaluasi dan evaluasi kemampuan penanganan pengujian dan kinerja trem otonom; dan memberikan nasihat, pengecualian, dan pertimbangan terhadap penggunaan ruang pengguna jalan, ruang jalan, dan area pengatur lalu lintas untuk jalur trem otomatis.

Terakhir, Irjen Pol bertugas menjaga segala sesuatunya untuk menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan. Jokowi Jajaki Trem Otonom

Berdasarkan data Bisnis, Presiden ketujuh RI, Jokowi, menguji coba metode transportasi baru yang ramah lingkungan, Automated Rail Transport (ART), atau Trem Otonom Nusantara, di Ibu Kota Negara (IKN) di kepulauan tersebut. , Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (13/8/2024).

Pantauan, sekitar pukul 15.45 Wita, Jokowi menaiki trem di depan Istana Negara IKN dan menempuh jalur yang mencakup beberapa titik di Kawasan Pusat Pemerintahan.

Trem pribadi ini berangkat dari Grande depan Istana Negara, melewati gedung Kemenko 1, terus ke gedung Kemenko 2, melewati gedung Kemenko 4, melewati gedung Kemenko 3 dan kembali ke Grande, dengan lama perjalanan . sekitar 7 menit. Sistem transportasi ART ini merupakan salah satu komitmen pemerintah dalam mendorong transportasi berbasis energi hijau di IKN.

“Kita ingin transportasi massal di IKN berbasis green energy, dan dulu ART itu listrik. Itu yang saya harap bisa digunakan di IKN. Selain biaya, ini green energy,” ujarnya dalam sambutannya media di. Pusat Pendidikan IKN PSSI.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel