Bisnis.com, Jakarta – Produsen mobil asal Jepang Mazda Indonesia bersiap meluncurkan model mobil listrik terbarunya dalam waktu dekat. Mobil listrik diharapkan menjadi MX-30.

Berdasarkan pantauan Bisnis pada Jumat (18/10/2024) di Kantor Pusat Mazda Indonesia, Jakarta Selatan, tersedia dua area parkir untuk kendaraan listrik.

Area parkir berwarna biru dengan simbol port pengisian daya berwarna putih yang menandakan diperuntukkan bagi kendaraan listrik. Stasiun pengisian daya juga kemungkinan akan dibangun di kawasan ini.

Mazda pun mengaku tengah bersiap meluncurkan mobil listrik dalam waktu dekat.

“Ini persiapan E [elektrifikasi], nanti ada dua-duanya [BEV dan PHEV]. Listrik, semua ada,” kata Chief Operating Officer PT Eurokars Motor Indonesia Ricky Theo saat ditemui di kantornya, Jumat. (18/10). . /2024).

General Manager Marketing and Communications PT Eurokars Motor Indonesia, Pramita Sari menambahkan, perseroan memastikan persiapan menyeluruh infrastruktur kendaraan listrik, termasuk stasiun pengisian, sebelum peluncuran resmi kendaraan listrik di Indonesia.

“Syarat kami [tempat pengisian] berada di depan, di bengkel, dan ada laptop di dalamnya. Itu syarat kami dan teknisinya harus bersertifikat,” jelasnya.

Sementara itu, Mazda Indonesia sebelumnya telah mengungkap rencana peluncuran mobil listriknya, MX-30, pada akhir tahun 2024. Namun sayang, Mazda masih enggan membeberkan tanggal peluncurannya.

Mazda MX-30 rencananya akan diluncurkan pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) pada 22 November hingga 1 Desember 2024 di ICE BSD, Tangerang.

“Bisa di GJAW atau bisa juga lebih cepat, tunggu saja,” pungkas Pramita.

Dilihat dari spesifikasinya, Mazda MX-30 merupakan battery electric vehicle (BEV) yang dilengkapi teknologi Mazda e-Skyactiv dan baterai lithium-ion 35,5 kWh.

Dilengkapi baterai tersebut, Mazda MX-30 mampu menempuh jarak hingga 200 kilometer sehingga ideal untuk menunjang kebutuhan berkendara sehari-hari.

Secara eksternal, crossover elektrik ini mengusung desain khas Mazda, dengan lampu depan tajam dilengkapi gril depan berwarna hitam yang memberikan kesan elegan.

Soal interior, Mazda MX-30 dibekali layar tengah berukuran besar 8,8 inci yang dilengkapi sistem Mazda Connect terbaru, Apple CarPlay, dan Android Auto. 

Sementara itu, MX-30 menawarkan banyak fitur keselamatan yang sama dengan i-Activsense, antara lain Mazda Radar Cruise Control dengan Stop & Go, Blind Spot Monitoring dengan Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Brake Support, Lane Departure Warning, dan Parking Assist jalur dan perhatikan pengemudinya. . Peringatan dan kontrol sinar tinggi.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel