Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Daerah Agus Harimurthy Yudhoyono (AHY) buka suara terkait niat Presiden Prabowo Subianto untuk menghidupkan kembali Kementerian Transmigrasi.

Sekadar informasi, Kementerian Transmigrasi merupakan salah satu kementerian teknis yang berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur. 

Dalam kunjungannya ke Kementerian Migrasi, AHY menjelaskan, pembentukan kembali Kementerian Migrasi dilakukan untuk mendorong pemerataan dan menciptakan pusat ekonomi baru.

“Kami tahu ini adalah pelayanan yang dipulihkan. Dulu triliunan rupee, bahkan pada masa Orde Baru mereka mendapat dana anggaran yang sangat besar. “Dan tentunya saat itu antusias sekali agar masyarakat di daerah padat penduduk bisa terdistribusi,” kata AHY dalam pertemuan di Kementerian Transmigrasi di Jakarta, Selasa (22/10/2024). 

Pada pertemuan perdana AHY, dia mengatakan pihaknya akan merumuskan insentif bagi masyarakat yang akan ditransmigrasi nantinya. Namun, dia belum merinci berapa biayanya. 

AHY menegaskan, hal ini menjadi komponen utama yang perlu diperhatikan guna menanamkan keinginan masyarakat untuk melaksanakan program transmigrasi di masa depan.

“Harus ada insentif yang baik. “Dalam artian setelah itu masyarakat bersemangat untuk pindah ke suatu tempat yang jauh dari tempat tinggalnya atau kampung halamannya karena ada harapan baru,” ujarnya. 

Di sisi lain, Menteri Transmigrasi Iftita Sulaiman mengungkapkan, pemerintah telah menyiapkan 121 keluarga untuk mengikuti program transmigrasi pada tahap awal pemerintahan Prabowo.

Sebanyak 121 KK dijadwalkan merantau ke wilayah Sulawesi Tengah, khususnya Kabupaten Poso.

“Sekitar 121 kepala keluarga siap dikirim ke Poso. “Yah, di Poso dan beberapa tempat lainnya,” jelasnya. 

Sulaiman yang juga mantan penasihat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberi isyarat, 121 KK pertama akan melaksanakan program transmigrasi pada November 2024.

“Tapi karena saya punya data dari sebelumnya, kemungkinan terdekatnya November ya? Pemerintahan ini lanjutan dari pemerintahan sebelumnya,” tutupnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA