Business.com, Jakarta – Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mendadak meninjau proyek LRT tahap pertama sepanjang 6,4 km dari Velodrome Jakarta Timur-Manggarai di Jakarta Selatan.

Peninjauan tersebut dilakukan Gibran atas inisiatif sendiri tanpa memberitahu Sekretariat Presiden BP2MI. Hal ini sama seperti saat Presiden Jokowi menjabat sebagai Presiden.

Gibran tak memberikan pernyataan apa pun saat meninjau proyek LRT tahap pertama 1B sepanjang 6,4 km dari Velodrome Selatan Jakarta Timur-Manggarai.

Berdasarkan keterangan resminya, Wapres baru mempertimbangkan untuk menyelesaikan LRT karena merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan penggunaan transportasi umum masyarakat dan mengurangi polusi udara. 

Berdasarkan keterangan resmi, jika LRT tersambung dari arah Velodrom Kelapa Geding, maka kapasitas penumpang LRT Jakarta akan bertambah dari 3.000 hingga 5.000 per hari menjadi 70.000 hingga 100.000 per hari.

Di sisi lain, Wapres juga menekankan pada konektivitas dan moda transportasi yang nyaman untuk menciptakan minat masyarakat menggunakan transportasi umum.

Gibran juga mengingatkan pentingnya menghormati tenggat waktu penyelesaian proyek dengan target operasional Agustus 2026. 

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel